Hutan Dan Deforestasi Global (Tamat)

Luas hutan Indonesia tersebut yakni 129,02 juta hektar merupakan konsep hutan secara administratif/land use (kawasan hutan) dan tidak selalu sama dengan (ada) hutan. Jika definisi hutan, deforestasi, reforestasi dan afforestasi didasarkan pada land cover change (yang dianut sebagian besar negara dunia), maka seluruh perkebunan yang memiliki syarat tinggi tanaman dapat mencapai 5 meter dan canopy cover lebih dari 10 persen (setelah dewasa) seharusnya dapat digolongkan hutan. Pengembangan perkebunan dapat dikatagorikan sebagai afforestasi dan bukan deforestasi.

Posisi hutan Indonesia dalam kondisi hutan global dapat dilihat dengan berbagai indikator, seperti luas hutan terbesar, luas hutan primer, luas hutan lindung, laju afforestasi dan reforestasi maupun tingkat forest cover.

Tingkat Forest Cover dan Persentase Hutan yang Tersisa Indonesia Dibandingkan Dunia

Forest Cover % 1) Persentase Hutan Saat ini dari Luas Semula % 2)
Indonesia 53,1 Jepang 64,99
Amerika Selatan 49 Indonesia 57,90
Eropa 45 USA 38,78
Asia Selatan dan Tenggara 35 German 30,72
Amerika Tengah dan Utara 33 Prancis 28,18
Afrika 23 India 27,50
Oceania 23 Cina 23,32
Asia Timur 22 Australia 17,67
Asia 19 Belanda 13,76
    Inggris 11,86
Dunia 31 Dunia 43,37

Sumber : 1) . FAO, 2010; Global Forest Assessment. 2). UNEP and IUFRO (1999). Defining of Low Forest Cover

Bila dilihat  dari berbagai indikator kehutanan, Indonesia masih tergolong 10 negara yang memiliki hutan terbaik dunia. Bahkan bila dilihat dari segi forest cover, Indonesia masih jauh lebih baik dari pada rata-rata kondisi forest cover dunia maupun dengan negara-negara Eropa dan Amerika. Hal yang sama juga terlihat dari luas hutan yang ada dibandingkan dengan luas hutan semula. Persentase hutan yang ada saat ini di Indonesia, masih lebih baik dari rata-rata dunia maupun dibandingkan Eropa dan Amerika.

Dengan Fakta ini sangat jelas anggapan bahwa hutan indonesia begitu jeleknya tidak didukung fakta atau tidak benar. Berbagai indikator yang resmi digunakan badan-badan internasional seperti FAO, kondisi hutan Indonesia  masih tergolong kelompok 10 besar terbaik hutan dunia.

Sumber : Indonesia Dan Perkebunan Kelapa Sawit Dalam Isu Lingkungan Global, GAPKI 2013

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp