Buku Perizinan Teknis Industri Kelapa Sawit dalam Berbagai Perspektif

Salah satu faktor entry barrier (hambatan awal investasi) maupun kesulitan yang umumnya dialami investor ketika akan memulai maupun pada saat mengelola industri kelapa sawit adalah masalah perizinan teknis. Pada umumnya perizinan teknis dipandang sebagai sebuah kendala karena pengurusannya yang memakan waktu yang panjang, melewati panjangnya birokrasi dan kerap kali tidak transparan.

Di lain pihak jika kepatuhan terhadap perizinan teknis tidak dikelola dengan benar maka akan berdampak pada adanya business interruption mengingat perizinan teknis sangat berhubungan erat dengan aspek pengawasan dan sanksi yang menjadi kewenangan dari pemerintah. Dalam perkembangannya perizinan teknis juga sangat berpengaruh pada aspek komersial maupun sustainability

Irisan perizinan teknis dan aspek komersial yang sering terjadi pada industri kelapa sawit adalah persoalan pembiayaan, mengingat pada industri kelapa sawit memerlukan masa investasi yang panjang sehingga investor banyak mengandalkan pembiayaan dari bank maupun strategic patner. Perizinan teknis menjadi salah satu assessment guna memenuhi aspek kepatuhan yang dilakukan oleh bank sebelum memberikan pembiayaan, selain itu perizinan teknis juga merupakan bagian krusial dari uji tuntas (due diligence) yang dilakukan oleh strategic investor / patner sebelum memulai kerja sama terkait dengan merger dan akuisisi perusahaan kelapa sawit.

Buku ini disusun dalam empat bagian, yakni perizinan teknis dalam kaitannya dengan aspek operasional, pengawasan, sustainability dan komersial. Buku ini disusun sebagai pedoman praktis pengelolaan perizinan teknis industri kelapa sawit serta dapat menjadi refrensi utamanya bagi investor yang mengelola industri kelapa sawit disamping pemerintah, praktisi hukum, bank dan lembaga pembiayaan, maupun akademisi dan peneliti.

Mengingat buku ini didesain sebagai pedoman praktis maka diharapkan dapat membantu seluruh pemangku kepentingan dalam kaitannya dengan perizinan teknis kelapa sawit mengingat buku ini disusun dengan disertai contoh-contoh, baik format laporan kepada dinas terkait, format due diligence, tanah telantar, format legal memorandum terkait perizinan teknis maupun format lainnya yang diperlukan. Buku ini didesain dapat menjadi pedoman A – Z hal-hal yang terkait perizinan teknis pada industri kelapa sawit.

Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih kepada khusunya penerbit dan seluruh pihak pihak yang membantu dari awal penyusunan hingga terbitnya buku ini.

Dr. Rio Christiawan, S.H., M.Hum., M.Kn (Penulis)

Unduh preliminary page buku izin kelapa sawit ….. klik disini 

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *