Aksi GAPKI Bantu Pemerintah Melawan Covid-19

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) melalui program GAPKI Peduli, dengan memberikan bantuan kepada pemerintah berupa sabun dan masker untuk mencegah meluasnya wabah pandemi Covid-19.

Sebagai aksi nyata dalam mencegah meluasnya wabah pandemi Corona atau Covid-19 yang tengah melanda Indonesia, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) melalui program GAPKI Peduli kembali memberikan bantuan berupa sabun dan masker. Aksi ini, juga sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah yang sedang berjibaku melawan dan mencegah penyebaran Covid-19.

Untuk itu, GAPKI bekerjasama dengan KLHK memberikan bantuan berupa alat kebersihan yakni 30.000 pcs sabun dan 8.000 pcs masker untuk disalurkan kepada warga yang tinggal di pemukiman padat penduduk dan kalangan masyarakat menengah kebawah di Jabodetabek.

Penyerahan bantuan disaksikan perwakilan pengurus GAPKI Pusat dan Jajaran Direktur Direktorat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, KLHK. Tampak hadir pengurus GAPKI Pusat antara lain Togar Sitanggang (Wakil Ketua Umum), Eddy Martono (Ketua Bidang Agraria dan Tata Ruang), dan Jajaran Direktur Direktorat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan menyaksikan penyerahan bantuan.

Baca Juga :   TATA KELOLA PERKEBUNAN SAWIT DI INDONESIA Studi kasus di Provinsi Riau dan Kalimantan Barat (Bagian IV)

Bantuan diserahkan langsung oleh Joko Supriyono, Ketua Umum GAPKI kepada Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL), RM Karliansyah, pada Jum’at (27 Maret 2020), di kantor KLHK.

Bantuan berasal dari anggota GAPKI antara lain Wings Group, Wilmar dan Musim Mas.

Ditambahkan Joko bahwa upaya ini sebagai langkah nyata dalam membantu pencegahan covid-19. Joko mengungkapkan bantuan yang diberikan GAPKI dihimpun dari perusahaan anggota GAPKI yang memiliki produk hilir seperti Wings Group, Wilmar dan Musim Mas.

GAPKI Pusat telah menginstruksikan GAPKI cabang di seluruh Indonesia untuk membantu pemerintah dalam mengatasi musibah yang kini tengah dihadapi bangsa Indonesia yakni penyebaran Covid 19.

Baca Juga :   APKASINDO Riau: Perbaikan Sarana Kebun Tekan Biaya Operasional Petani

Selanjutnya, Joko Supriyono menuturkan pihaknya memberikan bantuan berupa sabun dan masker sebagai kontribusi dalam pencegahan dan penularan covid-19. “Kami melakukan penggalagan pada perusahaan-perusahaan kelapa sawit yang tergabung dalam GAPKI. Sumbangan berasal dari anggota GAPKI yang memiliki industri hilir sawit. Dan, mendapat dukungan dari Wings Group, Wilmar dan Musim Mas,” kata Joko saat memberikan sambutan.

“Upaya ini sebagai langkah nyata dalam membantu mencegah meluasnya covid-19,” lanjut Joko.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, RM Karliansyah menyampaikan pihaknya menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan GAPKI. “Ucapan terimakasih disampaikan untuk GAPKI yang telah berpartisipasi dalam pencegahan pandemi, dengan memberikan bantuan sabun (pencuci tangan) sebanyak 30 ribu batang dan 20 ribu batang dari PT MUSI MAS serta 40 pcs masker,” ujar Karliansyah.

Baca Juga :   Harga CPO Mulai Terkerek

Lebih lanjut, Karliansyah menambahkan sabun dipercaya sangat ampuh untuk membersihkan dan membunuh virus corona. Hal ini sejalan dengan prinsip KLHK hidup bersih salah satunya dengan cucitangan. Sabun sangat efektif digunakan untuk membersihkan tangan.

Proses pendistibusian bantuan, KLHK menggandeng komunitas Ciliwung untuk pembagian bantuan kewarga. “Bantuan rencana akan dibagikan kepada warga di empat daerah yaitu Ciganjur (Jakarta Selatan), Pasar Rebo (Jakarta Timur), Depok dan Tangerang Selatan khususnya di pemukiman warga, pada Sabtu (29 Maret 2020).

(Selengkapnya dapat dibaca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 102)

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like