Rucika Solusi Pipa PVC Berkualitas

PT Wahana Duta Jaya Rucika, produsen pipa PVC terbesar di Indonesia, mendukung pembangunan industri nasional termasuk kelapa sawit.

Berbekal pengalaman selama lebih dari 40 tahun sebagai produsen perpipaan secara konsisten telah menghasilkan berbagai jenis produk unggulan. Hal itu, diutarakan Bayu Maulana, Area Sales Manager, West Indonesia, PT Wahana Duta Jaya Rucika, saat ditemui September 2019, di Medan, Sumatera Utara.

Berikut ragam produk pipa merek Rucika yang berbahan dasar PVC, PVC-O, PP-R, PE dan Astolan seperti PVC Standard, PVC SNI Lite, PVC SNI Safe & Lok, PVC Rucika JIS, PVC-O Exoplas, PE Rucika Black, PP-R & PP-RCT Rucika Kelen Green, Rucika Silent Pipe, Sambungan PV Rucika (JIS) dan Lem Pipa PVC RUGlue.

“Selain mengadopsi teknologi secara berkesinambungan, kami juga menghasilkan beberapa produk inovatif seperti Rucika Siphonic System, Rucika Rain Water Tank dan Rucika Hygienic Systems,” kata Bayu.

Tidak hanya itu, Rucika juga memiliki jenis atau tipe yang dapat disesuaikan dengan  kebutuhan konsumen. Rucika Standard adalah pipa untuk jaringan sistem perpipaan air bersih bertekanan dan buangan. Terbuat dari uPVC (unplastized Polyvinyl Chloride) yang banyak sekali kelebihannya dibanding material polimer lainnya seperti adanya Calcium Zinc (tanpa Timbal), tahan terhadap korosi, kuat, ringan, mudah dalam penyambungan dan pemeliharaan. Rucika telah mengadopsi standar JIS dan ISO dengan sertifikasi system manajemen mutu ISO 9001:2000.

Sementara itu, pipa PVC Standar kelas D digunakan untuk saluran pembuangan dan limbah dengan 11 macam ukuran diameter dari 1-1/4″ sampai 12″. Pipa PVC Rucika Standard kelas AW, untuk air bertekanan sampai tekanan kerja 10 kg/cm2 dengan 14 macam ukuran diameter dari 1/2″ sampai 12″.

Sudah lebih dari 40 tahun memproduksi pipa, produknya pun sudah banyak diaplikasikan di berbagai sektor mulai dari properti, gedung hingga pabrik. “Salah satunya digunakan di Pabrik Kelapa Sawit (PKS). Penggunaan di pabrik kelapa sawit cukup banyak yaitu untuk irigasi, pengairan dan limbah. Untuk pengaplikasian di Pabrik Kelapa Sawit banyak pipa tipe AW, D yang disebut pipa Rucika standar,” pungkas Bayu.

Selanjutnya, Bayu mengatakan produk yang dimiliki mempunyai keunggulan dibanding produk lain. Dengan keunggulannya dikenal di pasaran. Dan, kami percaya produknya unggul dibanding dengan produk lainnya karena kualitas terjaga. “Dengan kualitas Rucika yang sangat baik, maka kami yakin menjadi pemimpin di segmen pipa PVC di Indonesia,” kata Bayu.

Selain itu, lanjut Bayu, pipa HDPE yang digunakan di sektor sawit bisa dikatakan pertama di Indonesia juga salah satu produk dari PT Wahana Duta Jaya Rucika. Namun, seiring perjalanannya perusahaan tidak lagi fokus di sektor sawit. alhasil, timbul rumor bahwa Rucika tidak lagi memproduksi pipa HDPE. “Padahal yang pertama membawa masuk pipa HDPE di Indonesia yaitu Rucika. Sebelumnya, produk ini bernama Wavin,” ujarnya.

(Selengkapnya dapat di baca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 98)

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like