Memoar “Duta Besar” Sawit Indonesia

Testimoni

Sebagai Menteri Perdagangan dan Perindustrian di bawah Presiden Abdurrahman Wahid, kunjungan pertama saya keluar daerah adalah ke Medan, september 1999. Saat itu ada masalah darurat dimana CPO Indonesia diboikot di Belanda tercemar dengan solar. Di Medan saya meninjau pelabuhan Belawan melihat tangki-tangki dan pelabuhan-pelabuhan, rapat dengan eksportir CPO yang dipimpin oleh Ketua Asosiasi Ir. Derom Bangun. Kesimpulannya saat itu ada pengusaha nakal yang mengoplos CPO di jalan.

Intruksi saya memperbaiki fasilitas pelabuhan dan laboratorium pengujian di Belawan, dan segera mengirim tim ke Belanda untuk menjelaskan ke importir dan pemerintah disana. Saya minta Ir. Derom Bangun memimpin delegasi karena saya tahu kemampuannya untuk negosiasi. Semenjak itu setiap kali saya memimpin delegasi datang ke luar negri seperti Rusia dan negara-negara Eropa lainnya Derom selalu ikut dengan upayanya itu ekspor kita meningkat.

Begitu pula setelah saya menjadi Wapres, Derom selalu menemui saya apabila ada masalah atau meminta saya berbicara dalam acara atau Munas GAPKI, karena saya percaya bahwa di bawah kepemimpinan Derom, GAPKI dan industri sawit pada umumnya dapat berkembang.

Jusuf Kalla

Negarawan

Wakil Presiden Republik Indonesia 2004-2009

Ketua Umum Palang Merah Indonesia

Sumber : Derom Bangun

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp