Ini Kunci Sukses Asosiasi Petani Amanah Dapat ISPO

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Asosiasi Petani Swadaya Amanah di Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, memperoleh sertifikat Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) untuk pengelolaan kebun kelapa sawit berkelanjutan. Sertifikat yang dikeluarkan pada 10 April ini adalah sertifikat ISPO pertama petani swadaya di Indonesia.

Sunarno, Ketua Asosiasi Petani Amanah menyatakan dengan sertifikasi ISPO ini, diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi petani swadaya lainnya untuk memperoleh sertifikat yang sama dan dalam rangka peningkatan kapasitas petani swadaya. Dengan demikian, mereka akan menjalankan praktik perkebunan yang berkelanjutan  yang membawa manfaat bagi para petani sawit lainnya.

“Kita ingin menunjukkan kepada petani swadaya yang lain kalau kita bisa mempraktikkan pertanian yang berkelanjutan dan mendapatkan sertifikat ISPO. Salah satu misi kami menunjukkan bahwa petani bisa berhasil berkat dukungan dari mitra perusahaan,” terang Sunarno.

Ia telah mempersiapkan sertifikasi ISPO selama enam bulan sejak November tahun lalu, dengan mempersiapkan syarat administratif dan penguatan organisasi petani. Proses sertifikasi lahan sawit seluas 590 hektar  ini menghabiskan dana sekitar Rp 600 juta

“Kita siapkan dari RSPO, jadi tinggal memindahkannya ke ISPO. Desember ada pra audit, Februari audit sampai April. Proses yang lama itu di STD-B karena ada perpindahan dari Dinas Perkebunan ke perizinan untuk perusahaan di daerah agak lama,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyatakan beruntung bisa mendapatkan sertifikat ISPO berkat dukungan dari perusahaan mitra yaitu Asian Agri yang telah memberikan pelatihan-pelatihan dan fasilitas kepada petani Amanah, sehingga mampu merubah kebiasaan petani untuk menjalankan perkebunan lebih terdokumentasi dan teratur.

“Kita minta realesasi perbaikan infrastruktur jalanan dikasih sama perusahaan, kalau ada pelatihan kita dikkutsertakan, saat medical check up baik karyawan perusahaan dan anggota kita juga diikutsertakan, artinya perusahaan selalu berbagi kepada mitra,” ungkapnya.

Sumber foto: istimewa

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.