Industri Minyak Sawit Indonesia Menuju 100 Tahun NKRI (Bagian LXXVI)

Negara tujuan ekspor sabun mandi Indonesia umumnya adalah negara-negara Asia, Timur Tengah dan Afrika. Sepuluh negara tujuan ekspor sabun mandi terbesar adalah Singapura, Malaysia, Nigeria, Djibouti, Mesir, India, dan Malaysia. Sedangkan negara tujuan ekspor detergen Indonesia adalah terutama Jepang, Malaysia dan singapura.

Dengan demikian, meskipun ekspor sabun/detergen Indonesia masih tergolong kecil, negara tujuan ekspor telah terdiversifikasi sedemikian rupa sehingga tidak tergantung pada beberpa negara saja. Dalam jangka panjang hal ini memudahkan Indonesia untuk meningkatkan volume ekspor sabun/detergen karena sudah dikenal di banyak negara.

Industri Biodiesel

Industri biodiesel merupakan industri hilir minyak sawit yang masih tergolong baru di Indonesia. Industri ini memiliki momentum untuk tumbuh-berkembang setelah harga BBM fosil mengalami kenaikan yang signifikan dipasar dunia khususnya setelah tahun 2003. Selain itu, keperihatinan dunia akan pemanasan global yang terutama akibat emisi CO2 dari konsumsi BBM fosil juga ikut merangsang tumbuhnya industri biofuel di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Baca Juga :   Agrostar Resources Perkenalkan Sistem Mekanisasi Panen

Sumber :

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like