Excavator Volvo EC200D Dapat Turunkan 25% Penggunaan Bahan Bakar di Tambang Pasir Indonesia

Pelanggan baru Volvo, CV Putra Kartini, memutuskan membeli excavator EC200D untuk mendongkrak produksi tambang pasir di Jawa Timur. EC200D segera membuktikan mampu menghemat seperempat penggunaan bahan bakar.

Sebelumnya, CV Putra Kartini mengandalkan unit rental di tambang pasir miliknya di Lumajang, Jawa Timur, Indonesia. Setelah mengetahui performa swing torque dan kemampuan angkut Volvo EC200D yang luar biasa, mereka menjatuhkan pilihannya untuk membeli excavator 20 ton tersebut.

“Ini merupakan kali pertama kami memiliki unit Volvo CE dan EC200D terbukti mampu bekerja secara cepat tapi irit bahan bakar,” ujar Ahmad Alfandi, Direktur CV Putra Kartini.

Ia menambahkan  unit yang digunakan sebelumnya membutuhkan 20 liter solar per jam. Begitu memakai Volvo CE, penggunaan bahan bakar menjadi 15 liter/jam atau turun 25%.

Beroperasi sejak September 2018, EC200D bekerja 12 jam sehari dalam 6 hari per minggu untuk mengambil pasir dan memindahkannya ke truk. Seharinya, rata-rata excavator Volvo tersebut mampu mengisi 50 truk pasir. Hingga berita ini diturunkan, unit telah bekerja selama sekitar 3.000 jam.

Menurut Alfandi, para operatornya juga banyak yang menyukai EC200D karena mudah dioperasikan. Mereka juga merasa sangat betah duduk di dalam kabin berkat desain interior yang ergonomis, nyaman, dan dengan visibilitas mumpuni khas produk Volvo.

“EC200D sangat mudah dikontrol. Mesin juga sangat stabil sehingga pengoperasinnya terasa halus dan efisien,” tutur Fuad, salah satu operator.

Dengan breakout force maksimal 116 kN dan kapasitas bucket sebesar 0,8 m3, EC200D merupakan excavator paling lincah di kelas 20 ton. Volvo D5E Tier 3 engine yang sangat irit bahan bakar mampu memberikan tenaga sebesar 123 kW pada 2.000 RPM. Melalui output tenaga tersebut, sistem hidraulis dapat menopang fungsi EC200D sebagai excavator yang lincah dan dengan waktu siklus singkat. Sebagai tambahan, EC200D memiliki tingkat keseimbangan yang baik sehingga mampu memberikan daya angkut yang luar biasa.

Berdiri sejak September 2017, CV Putra Kartini menggerakkan bisnisnya di sektor penambangan pasir. Perusahaan yang berkantor di Lumajang, Jawa Timur, Indonesia tersebut telah mengantongi ijin penambangan di lahan miliknya seluas 85.000 m2.

CV Putra Kartini membeli excavator EC200D dari dealer resmi Volvo CE Indonesia, yakni PT Indotruck Utama.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan PT Indotruck Utama dalam membantu memilih excavator yang sesuai dengan bisnis kami serta atas dukungan aftermarket mereka. Respons mereka juga cepat dalam menjawab berbagai pertanyaan dari kami, ditambah harga suku cadang mereka yang menurut kami masuk akal,” terang Alfandi.

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like