Volvo CE Indonesia Rilis Compact Excavator EC55D

Volvo Construction Equipment memperkenalkan EC55D yang akan menggantikan sang pendahulu, EC55B Pro, di Indonesia. EC55D memberikanpembaruan pada sisi performa, kenyamanan, keamanan, dan kemudahan operasi.

Sebagai salah satu rangkaian produk terbaru Volvo CE di Indonesia, EC55D mengusung mesin standar emisi Tier 3 dan dilengkapi boom offset yang dipastikan bakal cocok dioperasikan di sektor konstruksi.

EC55D merupakan kombinasi antara kabin, undercarriage, dan peralatan gali yang sudah teruji pada EC55B Pro yang disertaidengan pembaruan pada desain, counterweight, mesin, pompa hidraulis, dan travel motor. Dengan fitur yang kian sempurna diharapkan mampu memberikan keuntungan pada pelanggan sambil tetap menjaga kualitas kenyamanan dan performa.

Untuk pasar Indonesia, EC55D dilengkapi dengan mesin Volvo D2.6A. Mesin yang sudah lolos standar emisi Tier 3 ini menjanjikan efisiensi bahan bakar yang tinggi seperti halnya pada EC55B namun dengan tingkat kebisingan yang jauh lebih rendah. Ditambah adanya turbocharger, performa alat makin optimum saat bekerja di ketinggian yang sekaligus menjawab tuntutan banyak pelanggan di Indonesia. Sistem hidraulisnya pun menggunakan pompa model terbaru yang mampu mengalirkan volume 5% lebih besar sehingga memberikan siklus kerja yang lebih cepat dan menghasilkan produktifitas yang tinggi.

Sistem pendinginan mesin dirancang agar lebih awet, perawatan lebih mudah, dan mampu menyesuaikan temperatur ruang mesin saatbekerja pada suhu hingga 45°C. Posisi cooler dibuat sejajar dan dilengkapi exhaust fan besar dengan lebih banyak bilah untuk memaksimalkan pendinginan.

Semua mesin dan sistem bahan bakar Volvo dapat menggunakan bahan bakar solardengan kandungan 50% bio-fuel. Ini menjadi perwujudan komitmen Volvo CE sebagai manufaktur pelopor penerapan aturan B50 di Indonesia.

EC55D dibekali dengan EQD05 Volvo hydraulic quick coupler demi memaksimalkan produktifitas kerja. Sementara dari sisi kabin, operator dapat mengelola semua attachment secara penuh dan bekerja dengan tenang berkat adanya sistem penguncian yang sudah berstandar ISO. Hydraulic quick coupler tersebut mampu menambah efisiensi alat karena mudah dipasangkan dengan berbagai attachment besutan Volvo. Saat menggunakan hydraulic breaker, misalnya, pengguna akan diuntungkan berkat adanya pelumasan otomatis. Yang berada didalam struktur/housing dengan sekat yang sempurna untuk melindungi sel dayanya sehingga semakin awet dan tidak berisik saat pemakaian. Sementara itu sistem hidraulis pada breaker dilindungi oleh akumulator berkapasitas besar agar tidak tertimpa lonjakan tekanan. Sehingga menghasilkan tenaga hantam breaker yang optimal.

Kabin nyaman dan dingin

Suasana nyaman di dalam kabin EC55D didapat dari sistem air conditioning dengan kapasitas kondensor, evaporator, dan blower yang ditingkatkan. Operator akan semakin dimanjakan saat mereka bekerja di tengah kondisi panas dan lembap. Ditambah lagi dengan kursi keluaran terbaru serta adanya konektor aux-in dan USB yang akan membuat operator semakin betah bekerja di dalam kabin. Unsur visibilitas dan keamanan juga disempurnakan dengan mengubah lampu turret menjadi lampu kabin depan standar.

(Selengkapnya dapat di baca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 110)

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like