Perkebunan Kelapa Sawit Menjaga Keanekaragaman Hayati (Bagian III-Selesai)

Beruk Merupakan spesies dari kelompok primata yang msuk dalam katagori Vulneable (IUCN Redlist), yang memanfaatkan kebun sawit sebagai shelter. Beruk merupakan jenis primata frugivora karena sebanyak 74% makananya terdiri atas buah. Namun demikian, beruk juga beruk juga memakan berbagai jenis sumber pakan seperti seranga, biji, dedaunan muda, pucuk dedaunan dan jamur. Sebagian besar waktu aktivitasnya dilakukan diatas permukaan tanah.

Spesies dari golongan burung rangkong ini sedang beristirahat diantara pelepah pohon kelapa sawit. Burung besar yang hidup dengan memakan buah-buahan ini seringkali ditemukan hingap di perkebunan yang berada tidak jauh dari sekitarnya.

Elang Brontok, Jenis elang yang masuk kriteria CITES Appendix II, dilindungi oleh PP No. 7 tahun 1999 dan UU No. 5 Tahun 1990 yang menunjukan bahwa jenis ini adalah jenis yang memiliki kekhasan tertentu sehingga kuota jual belinya dibatasi dan keberadaannya di lindungi.

Burung ini menyukai berburu di tempat terbuka dan menyerang mangsanya yang berupa reptil, burung atau mamalia kecil dari tempatnya bertenger dipohon kering atau dari udara. Di perkebunan kelapa sawit, masih sering ditemukan raptor ini yang juga diharapkan membantu perkebunan untuk mengendalaikan hama, seperti tikus.

Perling Kumbang,  Jenis burung yang gagah, memiliki paruh kuat, tajam dan lurus, serta tungkai kaki yang panjang. Kebanyakan suka berkelompok dan mencari makan di tanah dengan cara yang khas. Merupakan pemakan buah-buahan dan seranga. Burung Kipasan Belang , Salah satu burung yang dilindungi di Indonesia sedang mencari makan serangga yang tertarik oleh bau tandan buah segar (TBS). Burung ini memiliki kebiasaan  mencari makanan disela-sela daun kelapa swit dan tumpukan TBS. Burung pemakan serangga dapat menjadi alat kontrol biologis dalam pemberantasan hama.

Burung Bubut Besar, Merupakan jenis burung yang beradaptasi sangat baik dengan perkebunan kelapa sawit serta mengunakan sebagian habitat untuk hidup dan berkembang biak. Burung ini sangat mudah ditemukan dan diperkirakan populasinya cukup besar.

Burung Cangak Merah, merupakan burung yang berukuran besar yang hidup disekitar lahan basah dengan mengkosumsi ikan. Bersarang soliter atau dalam koloni besar. Sarang dari tumpukan ranting pada buluh rumput atau pohon kecil diatas air.

Bajing Ekor Pendek, merupakan spesies dari mamalia kecil yang hidup dengan memakan berbagai jenis serangga. Kepadatan bajing ekor pendek tertinggi terdapat di areal perladangan berpindah dibanding dengan hutan primer. Hal ini mengindikasikan bahwa jenis bajing ekor pendek memiliki adaptasi yang paling tinggi di aral hutan yang terganggu berat.

Sumber: Konservasi Keanekaragaman Hayati Di Lansekap Perkebunan Kelapa Sawit, GAPKI 2015

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp