Produksi Dan Ekspor Sawit Dapat Tumbuh 10%

Produksi dan ekspor sawit tahun 2018 diperkirakan akan tumbuh 10%. Pada 2018, produksi sawit akan melampaui target 40 juta ton yang sebelumnya diperkirakan baru tercapai pada 2020.         .

 

Tahun 2017, industri sawit mencetak kinerja positif dari aspek produksi dan ekspor. GAPKI mencatat total keseluruhan produksi minyak sawit Indonesia adalah 41,98 juta ton pada 2017. Terdiri dari produksi CPO mencapai 38,17 juta ton dan PKO sebesar 3,05 juta ton. Togar  Sitanggang, Sekretaris  Jenderal GAPKI, menyebutkan naiknya produksi sawit nasional dipengaruhi faktor cuaca tahun lalu yang lebih baik daripada tahun 2015.

 

“Dengan adanya curah hujan bagus akan berpengaruh kepada produksi. Sebab, tanaman sawit butuh air rata-rata 2.400 ml (mililiter) per tahun,” kata Togar dalam jumpa pers awal tahun di Kantor GAPKI, Jakarta, pada akhir Januari 2018.

 

Berdasarkan data olahan Majalah SAWIT INDONESIA yang bersumber data statistik Ditjen Perkebunan dan GAPKI, luas perkebunan sawit di Indonesia mencapai 12,3 juta hektare dan produksi CPO sebesar 38,17 juta ton sampai tahun 2017, ini berarti rata-rata produktivitas CPO secara nasional sekira 3,1 ton per hektare per tahun. Produktivitas CPO nasional  2017 masih lebih baik daripada tahun sebelumnya sekira 2,7 ton per hektare per tahun.

 

Togar mengatakan meskipun timbul kekhawatiran dampak kebakaran lahan di tahun ini tetapi berkat kesiapan perusahaan, petani, dan masyarakat sekitar kebun alhasil titik panas dapat ditekan lebih maksimal. Sepanjang tahun 2017, kekhawatiran akan adanya kebakaran lahan dapat teratasi dengan baik, hampir tidak ada kasus kebakaran di perkebunan kepala sawit. GAPKI dan perusahaan anggotanya telah melakukan berbagai upaya mencegah terjadi kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di sekitar konsesi dengan pembentukan Desa Siaga Api diberbagai daerah,” jelas Togar.

 

Hingga akhir 2017 telah tercatat lebih dari 572 Desa Siaga Api yang dibentuk oleh perusahaan anggota GAPKI dengan berbagai nama. Pelatihan antisipasi dan mitigasi karlahut juga dilaksanakan di berbagai daerah. Kegiatan ini akan terus ditingkat dan dilanjutkan untuk ke depannya

 

Gabungan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) menargetkan produksi minyak sawit mentah (CPO) tumbuh 10% menjadi 42 juta ton pada tahun ini. Kenaikan dipengaruhi recovery tanaman setelah terkena dampak La Nina pada 2015. “Produksi minyak sawit Indonesia tahun ini akan tumbuh 10%, karena tanaman sudah recovery,” ujar Togar Sitanggang.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp