Minyak Sawit Bukanlah Pemicu Kanker

Kanker termasuk salah satu pernyakit yang paling ditakuti karena mampu menghilangkan nyawa manusia setaip tahunnya. Kanker merupakan pernyakit akibat pertumbuhan sel tertentu yang liar/ganas, berubah fungsi (mutasi) dan menyerang sel-sel normal dalam tubuh. Penyebabnya macam-macam seperti radiasi, virus, bahkan kimia dan lain-lain. Teori paling mutakhir penyebab mutasi sel adalah adanya radikal bebas didalam tubuh.

Untuk mengatasi dan menghambat sel kanker radikal bebas harus dimusnakan. Berbagai penelitin didalam maupun dilura negri telah membuktikan bahwa konsumsi minyak sawit bermanfaat dalam menekan dan mengendalikan pertumbuhan (berat dan volume) tumor dan mencegah berbagai pernyakit degeratif lainnya.

Kemempuan yang dekian berhubungan dengan zat antioksidan seperti karoten (Vitamin A), tokofenol dan tokotrienol (Vitamin E) dari minyak sawit. Sebagai catatan minyak sawit lebih baik dibandingkan dengan minyak kedelai dalam pencegahan pernyakit degeneratif karena kandungan antioksidan khususnya tokotrienol minyak sawit dua kali lebih banyak dibandingkan minyak kedelai (Cho, et al., 2009).

Sumber Mitos vs Fakta, PASPI 2017

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp