Memoar “Duta Besar” Sawit Indonesia (Bagian XI)

Perkenalan dengan Derom Bangun sudah berlangsung cukup lama, tetapi kedekatan ini lebih terasa karena sama-sama bergerak/berusaha dalam industri kelapa sawit. Pada saat itu Derom Bangun masih sebagai profesional di PT. Socfindo, Medan. Selama menjabat ketua umum dan ketua harian, Derom Bangun telah banyak berbuat demi kemajuan industri kelapa sawit Indonesia. Sebagai ketua umum dan ketua harian, Derom Bangun juga sering diundang sebagai pembicara dalam berbagai seminar atau konfrensi, baik dalam industri kelapa sawit nasional dan global sudah dikenal luas dan tidak diragukan lagi. Sampai saat ini, menurut kami, belum banyak sosok yang menguasai industri kelapa sawit tersebut. Derom Bangun yang masih terus aktif hingga usia yang tidak muda lagi merupakan sosok yang patut dicontoh oleh generasi muda sehingga semakin banyak sosok yang kelak dapat berkiprah dalam industri kelapa sawit Indonesia maupun dalam kancah internasional.

Joefly J. Bachroeny

Ketua Umum GAPKI

Derom Bangun mempunyai visi kedepan tentang pengembangan perkebunan dan industri kelapa sawit untuk ekspor. Sebagai Wakil Ketua Umum Kadin Sumatera Utara maupun sebagai pengusaha, beliau selalu mengikuti misi-misi keluar negri dengan Menteri Perdagangan Arifin Siregar maupun misi-misi investasi keluar negri oleh Ketua BKPM Ginandjar Kartasasmita dalam pertemuan di Helsinki, Budapest, Wina dan India.

Pada tahun 1986, sewaktu terjadi serangan atas produk kelapa sawit oleh kelompok usaha Soya Beans melalui harian Merdeka, Derom Bangun telah membantah/menjawab bahwa minyak kelapa sawit tidak mengandung lemak yang berlebihan, walaupun pada waktu itu pemerintah belum mengambil langkah apa-apa, sedangkan Malaysia telah mengambil langkah-langkah konkret. Untuk membantah itu,  Kadin Sumatera Utara telah mendapat surat penghargaan dari South East Asia Desk State Departement USA.

Derom Bangun juga sangat aktif mewakili Kadin Sumatera  Utara dalam pertemuan-pertemuan IMT-GT dan ada kalanya beliau memimpin Business Council sebagai Co-Chaiarman mewakili Kadin Sumatera Utara. Seabagai pemimpin perusahaan, Derom Bangun cukup berhasil, terutama mengenai perdagangan beliau tentang perdagangan ekspor minyak kelapa sawit. Selain sangat bisa berbahasa Inggris, beliau juga aktif berbahasa Jerman dan Perancis.

H.M. Imral Nasution

Ketua Kadin Sumatera Utara 1980-1996

Sumber : Derom Bangun

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like