Emdek Optimalkan Pemupukan Efektif dan Efisien

Emdek Sdn Bhd menawarkan solusi alat pemupukan dalam rangka mendukung mekanisasi perkebunan sawit.

Pemupukan dan penyemprotan pada industri perkebunan sawit dilakukan secara manual masih menjadi permasalahan pada perkebunan terutama pada perkebunan sawit yang membutuhkan tenaga, waktu dan biaya yang besar serta produtivitas yang kurang memuaskan. Berangkat dari permasalahan ini maka Emdek Sdn Bhd, perusahaan asal Negeri Jiran menciptakan implement/ alat mekanisasi pemupukan dan penyemprotan yang sudah sangat terbukti mampu meningkatkan produktivitas pada perkebunan sawit.

Emdek Sdn Bhd berdiri pada 1984  di Malaysia merupakan pendiri sekaligus pionir implement/alat pemupukan pada perkebunan sawit yang terkenal dengan nama Emdek Turbo Spin Fertilizer Spreader. Teknik Sistem Spreading pemupukan ini sudah dipatenkan oleh Malaysia Patent dengan nomor MY-109755-A. Cara kerja implement/alat ini dipasangkan pada Traktor Roda 4 yang berstandar internasional. Sangat terbukti sebagai solusi yang tepat untuk pemupukan yang efektif dan efisien pada perkebunan sawit, menghemat biaya operasional, waktu dan tenaga, dibandingkan dengan pemupukan manual. Implement ini mampu mendistribusikan pupuk 35-40 hektare per hari atau per 7 jam kerja, dibandingkan manual hanya mampu mendistribusikan maksimal 2-2,5 hektare per hari. Emdek menyajikan beberapa model untuk memenuhi permintaan customer yakni ETS 650/850 dan ETM 300/500 dengan pilihan material mild steel, hot deep galvanize, stainless steel dan full stainless steel. Pada semua model bagian yang terkena dengan pupuk langsung terbuat dari material stainless steel agar tidak mudah korosi. Selain itu, pemeliharaan implement ini pun sangat mudah.  

Sama seperti pemupukan, penyemprotan herbisida dan pestisida pun tidak kalah penting dalam pemeliharaan perkebunan sawit untuk mendapatkan produktivitas yang baik. Sprayer adalah juga salah satu produk andalan Emdek yang dapat digunakan bukan saja hanya pada perkebunan sawit namun pada perkebunan lainnya, seperti di perkebunan tebu, forestry, nanas, dll. Terdapat berbagai pilihan tipe Traktor Mounted Sprayer, Tractor Trailed Sprayer, dan Trailed Sprayer dengan Self Engine dengan kapasitas tangki dari 200–1000 liter. Produktivitas Emdek Sprayer adalah mencapai 20–25 hektare per hari. Sampai saat ini implement penyemprotan dan pemupukan ini paling dicari oleh perkebunan sawit di berbagai negara.

Kedua produk ungulan Emdek tersebut diatas tidak hanya dapat diakomodir dengan traktor namun dapat dipasangkan pada Traktor Crawler dan Carrier Vehicles/kendaraan perkebunan.  

Dalam mewujudkan mekanisasi Emdek tidak hanya menciptakan implement pemupukan dan penyemprotan untuk perkebunan sawit namun di semua sektor perkebunan dan pertanian  seperti perkebunan tebu, karet, forestry, jagung, perternakan dan lain-lain. Diantaranya, Canon Air Blast Sprayer untuk hama ulat api, Post Hole Digger untuk membuat lubang tanam, EFB chopper, sulphur duster, compost trailer spreader, fire pump, corn planter, forage chopper, compost trailer, ripper mounder, dll.

(Selengkapnya dapat di baca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 96)

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like