AJA Sertifikasi Serahkan Sertifikat Standar Hak Asasi Kepada Sawit Sumbermas

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – PT AJA Sertifikasi Indonesia menyerahkan sertifikat Business and Human Rights International Standards for Certification 2011 (BHRISC 2011) kepada PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk.

Sertifikat diserahkan oleh Lillian Kallman, Direktur PT AJA Sertifikat Indonesia kepada PT Sawit Sumbermas Sarana yang diwakili langsung oleh Direktur Utama, Vallauthan Subraminam pada penyerahan sertifikat BHRISC 2011, di Jakarta, Senin (22 Oktober 2018).

BHRISC 2011 merupakan sertifikat yang kali pertama diterbitkan pada perusahaan sawit PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. Standar ini diakreditasi oleh The Foundation for International Human Rights Reporting Standards (FIHRRST).

“Perusahaan yang telah menerima sertifikat BRHICS 2011 dapat menjadi contoh perusahaan sawit dalam menghormati HAM sehingga kampanye negatif akan sirna dengan sendirinya,” ujar Advisor Senior PT AJA Sertifikasi Indonesia, Makarim Wibisono dalam kesempatan tersebut.

Sementara itu, Direktur Utama PT SSMS, Vallauthan Subraminam menjelaskan bahwa perusahaan bangga menerima sertifikat internasional Bisnis dan Hak Asasi Manusia.

“Kami percaya bahwa bisnis yang baik adalah bisnis yang berkelanjutan dan menghormati hak asasi manusia sejalan dengan prinsip-prinsip panduan PBB tentang Bisnis dan Hak Asasi Manusia,” kata Vallauthan.

Menurut Makarim, berdasarkan uji yang dilakukan secara seksama, bahwa perusahaan mempunyai komitmen memperhatikan hak-hak pekerja, tidak memperkerjakan tenaga kerja (red-pekerja) di bawah umur secara paksa. Dan memperhatikan hak-hak perkerja untuk berserikat dan berkomitmen apabila terjadi sengketa maka perusahaan akan menyelesaikan dengan cara terbaik.

Seperti diketahui, kampanye negatif juga massif digaungkan non-governmental organization (NGO) yang dituduhkan secara serampangan pada perusahaan sawit di Indonesia akhir-akhir ini. Maka dengan sertifikat yang diterbitkan PT AJA Sertifikasi Indonesia, perusahaan sawit secara tidak langsung menampik tuduhan tersebut.

Lebih lanjut, Makarim mengatakan seyogyanya perusahaan sawit Indonesia melawan kampanye negative pada perusahaan Eropa dengan cara-cara yang tidak emosional melainkan dengan menunjukkan bahwa perusahaan sawit di Indonesia patuh dan menghormati HAM yang dihormati oleh bangsa di dunia ini.

Selain Sawit Sumbermas, AJA Sertifikasi menyerahkan sertifikat kepada dua perusahaan lainnya yaitu PT Mitra Pendawa Sejati dan PT Kalimantan Sawit Abadi.

 

Related posts

You May Also Like