Ibu Kota Negara Indonesia yang baru sudah diumumkan bernama Nusantara. Berada di Kalimantan Timur, Nusantara direncanakan menggantikan Jakarta sebagai Ibu Kota. 

Dilokasi tersebut banyak sekali ditumbuhi hutan tanaman industri Akasia yang dikelola PTITCI Hutani Manunggal, pemerintah berencana merehabilitasi hutan tersebut di lokasi IKN, Sepaku menjadi hutan tropis dengan tanaman endemik. Lebih dari sekadar memperkaya negara dengan hasil jumlah produksi yang meningkat, hutan ini memiliki manfaat sangat banyak. Yaitu  membantu konservasi hutan, memperbaiki lahan dengan hutan produktif, dan membantu masyarakat sekitar untuk meningkatkan perekonomiannya. Dampak lingkungan yang ditimbulkan dari adanya hutan ini adalah semakin meningkatnya koleksi keanekaragaman hayati di Indonesia.

Disaat hutan tanaman industri panen, maka diperlukan excavator sekelas model SH130LF-6 Macan Sumitomo dalam prosesnya panen (harvesting). Lokasi ini mempunyai lahan bertipe tanah mineral/dryland dimana proses panen sebagai berikut :

  1. Micro planning yaitu perencanaan awal penebangan yang memuat informasi penting terhadap areal yang akan ditebang.

2. Pre Harvest (slashing) yaitu kegiatan pembersihan areal secara manual sebelum kegiatan penebangan                yaitu dengan menebas gulma.

3. Felling yaitu kegiatan penebangan berdasarkan sistem yang telah ditentukan dan disertai dengan teknik               penebangan yang benar.

4. De limbing yaitu kegiatan pembersihan kayu dari cabang dan ranting.

5. Cut to length yaitu kegiatan memotong atau membagi batang menjadi potongan-potongan dengan                    panjang tertentu (sesuai dengan standard mill).

6. Pre Bunching yaitu kegiatan penumpukan potongan-potongan kayu pada jalur yang telah                                      dirancang/ditentukan dan kegiatan ini bisa dilakukan secara manual dan mekanis (alat berat).

7. Stacking yaitu kegiatan penumpukan potongan-potongan kayu pada jalur yang telah di                                         rancang/ditentukan dan kegiatan ini bisa dilakukan secara manual dan mekanis (alat berat).

8. Extraction/Skidding yaitu kegiatan penarikan kayu dari tumpukan kayu dari areal tebangan ke tempat                  pengumpulan/penimbunan kayu pada jalur yang telah ditentukan.

9. Loading yaitu kegiatan pemuatan kayu dengan excavator di tempat pengumpulan/penimbunan kayu ke                logging truk/sampan besi.

Sangat cocok bila pekerjaan seperti ini memakai excavator MACAN Sumitomo SH130LF-6 dimana bukan saja sangat tangguh dan cepat bekerja untuk pekerjaan ini. Melainkan juga irit bahan bakar. Keunggulan lain adalah sangat handal saat melakukan extraction karena MACAN Sumitomo SH130LF-6 menggunakan travel motor kelas 20 ton dengan gaya tarik kayu (drawbar pull) sekitar 171 kN terbesar di kelas 13 ton sehingga menghasilkan produktivitas tinggi. (*)

 

 

Share.