Lab Indonesia 2020 Akan Dihadiri Peserta Dari 13 Negara

 

Persiapkan Laboratorium Anda untuk Masa Depan

Saat ini Indonesia memasuki dekade baru, laboratorium – laboratorium di Indonesia tidak diragukan lagi akan menghadapi berbagai macam tantangan baru dalam bentuk perubahan iklim, ketidakpastian ekonomi serta perkembangan – perkembangan secara teknis.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh manajer laboratorium dalam  mempersiapkan tahun mendatang:

 

Lakukan Pemeriksaan Stok pada Inventaris Anda

Sekarang ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk mengevaluasi peralatan, persediaan barang serta mengatur dengan supplier Anda.

Lakukan inventarisasi peralatan Anda yang ada dan identifikasikan mana yang perlu diperbaiki, kalibrasi, atau pemeliharaan secara rutin. Penting untuk dicatat bahkan masalah sekecil apa pun atau sekalipun terlihat normal karena dapat menunjukkan potensi kerusakan yang mahal, hal ini dapat dicegah dengan pemeliharaan dini.

Baca Juga :   Mei 2016, Kadin Luncurkan Skema Pembiayaan Peremajaan Petani

Sedangkan untuk peralatan yang sudah rusak, jangan cepat-cepat membuangnya, karena masih bisa dikembalikan dan diperbaiki  sesuai dengan spesifikasi tanpa mengurangi pengeluaran ataupun anggaran Anda.

Sekarang Anda memiliki daftar barang yang perlu diperbaiki, diperbaharui, dan menyuplai kembali, sekarang saatnya untuk mencari dan terlibat dengan calon vendor. Jangan takut untuk menanyakan detailnya kepada mereka seperti:

– Berapa banyak output yang dapat dihasilkan peralatan tersebut per siklus, atau spesifikasi perangkat secara rinci.

– Apakah suku cadang pengganti untuk peralatan sudah tersedia, dan berapa lama waktu penyelesaian rata-rata untuk servis dan penggantian barang ?

– Pengalaman dan struktur organisasi tim teknis vendor yaitu seberapa besar tim, dan pengalaman mereka dalam melakukan servis peralatan laboratorium

Baca Juga :   Munas GAPKI Resmi Dibuka Menko Perekonomian

Pastikan Data Anda Terstruktur

Revolusi Industri 4.0 telah memperkenalkan berbagai kemungkinan dalam mengotomatisasi dan melacak setiap langkah proses laboratorium Anda, yang berarti akan ada lebih banyak poin data yang harus Anda rekam, analisis, rangkum, dan simpan dengan aman. Sistem Manajemen Informasi Laboratorium (LIMS) yang baik membantu Anda dalam mengelola semua aspek tanpa merusak anggaran atau alur kerja Anda.

Sebelum Anda mulai mencari vendor, penting bagi Anda untuk mengevaluasi laboratorium Anda dan persyaratan – persyaratan seperti:

–  Jenis laboratorium yang Anda jalankan. Jenis laboratorium yang berbeda sering kali memiliki alur kerja yang berbeda dan persyaratan khusus. Lab QC akan membutuhkan fungsi LIMS seperti fungsi lacak balak dan audit trail sedangkan lab R&D sebagai pelaksana ditahap awal.

Baca Juga :   Ada Sawit Di Dalam Non Dairy Creamer

– Aksesibilitas ke sistem Anda dan sensitivitas data. Pastikan untuk mengevaluasi setiap jenis data yang Anda kumpulkan dan tangani seperti sampel darah pasien atau sampel makanan, di mana data dikumpulkan, dan siapa yang membutuhkan akses ke bagian data tertentu.

– IT Infrastruktur laboratorium Anda. Apakah departemen IT organisasi Anda memiliki keamanan yang lengkap dan infrastruktur IT yang dapat mendukung sistem? Dalam kasus di mana infrastruktur tidak dapat mendukung, memilih model berbasis Cloud / Perangkat Lunak sebagai Layanan (SaaS) dapat dipertimbangkan.

(Selengkapnya dapat di baca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 100)

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like