Be PRO with PETROVA PRO

Sejak 2008 PT Prima Sakti Internasional (PSI) telah berperan bagi Indonesia untuk penyediaan produk keamanan melalui produk unggulan yaitu Petrova Boots. Produk ini dipasarkan ke beragam segmen industri antara lain industri perkebunan , konstruksi , tambang ( minyak , gas dan batubara). Dari industri perkebunan sendiri, perusahaan telah terjun di area perkebunan sawit antara lain  Sumatera Utara dan Kalimantan. Karena industri sawit sangat berkembang pesat, maka akan berpengaruh kepada peningkatan produksi dan permintaan pasar kepada perusahaan.

Tim riset PSI memperhatikan bahwa penerapan  di perkebunan kelapa sawit tidak mudah di terapkan, hal ini dikarenakan tenaga kerja yang berada di lapangan memiliki tingkat pengetahuan yang rendah terhadap keselamatan kerja. Sehingga sulit untuk menerapkan budaya atau keselamatan kerja yang aman. Ditambah pekerja lapangan selalu berhubungan dengan alat-alat kerja yang tajam seperti parang, cangkul, dodos serta bahan-bahan kimia yang dapat melukai pekerja

Baca Juga :   Memoar “Duta Besar” Sawit Indonesia (Bagian LXXXIV)

Hal ini menjelaskan bahwa baik di kebun sawit maupun di pabrik pengolahan sama-sama mempunyai resiko kecelakaan kerja, namun tingkat resikonya saja yang berbeda.

Dalam Pasal 2 (1) disebutkan bahwa Pengusaha wajib menyediakan APD bagi pekerja/buruh di tempat kerja. Pasal 4 (1) huruf d menyebutkan bahwa APD wajib digunakan di tempat kerja dimana dilakukan usaha pertanian, perkebunan, pembukaan hutan, pengerjaan hutan, pengolahan kayu atau hasil hutan lainnya, peternakan, perikanan dan lapangan kesehatan. Dalam Pasal 9 disebutkan bahwa Pengusaha atau pengurus yang tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2, Pasal 4, dan Pasal 5 dapat dikenakan sanksi sesuai Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970.

Berdasarkan uraian beberapa regulasi di atas, maka perusahaan kelapa sawit yang tidak memberikan perlindungan yang cukup bagi pekerja/buruh di tempat kerja dapat dijatuhi hukuman pidana dan denda. Hal ini harus diperhatikan secara baik oleh Pemerintah terutama Pengawas Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja di tiap-tiap daerah terutama yang wilayahnya terdapat lokasi perkebunan kelapa sawit agar buruh perkebunan kelapa sawit dapat terlindungi keselamatan dan kesehatan kerjanya.

Baca Juga :   Deforestasi Global

Maka dari itu kami rekomendasikan untuk menggunakan Petrova saat beraktivitas di kebun hingga pengolahan buah sawit (pabrik) kami memiliki produk unggulan kami yaitu Petrova Pro Water Boots telah mendapatkan sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015. Petrova Pro Water Boots memiliki tekstur yang tebal dan kuat bahkan lebih berat dan didesain dengan struktur sepatu boots safety yang kuat sehingga lebih aman digunakan. Hal ini berfungsi agar pemakainya merasa aman saat melakukan aktivitas ekstrim tanpa takut terluka. Tidak hanya itu, hal ini membuktikan bahwa Petrova sangat memperhatikan kualitas setiap produk yang diproduksi.

Informasi lebih lanjut :

Contact e-mail : support@petrova.co.id / 0813 1069 7112

3 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like