JAKARTA – PT Pupuk Indonesia (Persero) meraih dua penghargaan sekaligus dalam perhelatan IDEAS (Indonesia DEI & ESG Awards) 2022 yang diadakan di Labuan Bajo, NTT, Jumat (5/8/2022). Dua penghargaan tersebut adalah Kategori Diversity, Equity & Inclusion (DEI) BUMN non Tbk (Silver), dan Kategori Terpopuler di Media Online BUMN non Tbk.

SVP Komunikasi Korporat Pupuk Indonesia, Wijaya Laksana, menyatakan bahwa perhelatan IDEAS 2022 ini diikuti oleh ratusan instansi mulai dari kementerian/lembaga (K/L) baik pusat dan daerah, perusahaan pelat merah dalam hal ini BUMN dan BUMD. Acara ini diselenggarakan oleh Humas Indonesia.

“Untuk penghargaan Kategori DEI kami peroleh atas pelaksanaan campaign program Srikandi Pupuk Indonesia, sedangkan Terpopuler di Media Online adalah berkat kinerja publikasi perusahaan dalam setahun terakhir,” jelas Wijaya.

Lebih lanjut Wijaya menyebutkan bahwa IDEAS merupakan bentuk apresiasi kinerja insan Public Relation (PR) yang telah mengomunikasikan praktik diversity, equity, inclusion (DEI) dan encironmental, social, governance (ESG) terbaik di organisasinya. Praktik-praktik tersebut merupakan isu global yang menjadi arus utama bagi eksistensi organisasi/korporasi secara berkelanjutan.

Sementara itu, Founder & CEO Humas Indonesia, Asmono Wikan, mengatakan bahwa saat ini perusahaan melalui PR sangat penting mengomunikasikan isu-isu terkait DEI dan ESG. “Isu inklusi sosial, misalnya. Saat ini patut mendapat perhatian sangat serius bagi organisasi/korporasi. Terutama dari para pemimpinnya, agar strategi komunikasi yang dijalankan lebih relevan, empatik, dan berdampak,” kata dia.

Dia juga menyatakan bahwa praktisi humas harus mampu memberikan kepastian untuk keberlanjutan program di masa mendatang. Sehingga terdapat benang merah antara tujuan suatu organisasi dengan komunikasi yang ingin dicapai. Dengan demikian, manfaat dari program DEI dan ESG yang dijalankan tidak hanya dirasakan oleh organisasi, tetapi juga berbagai aspek mulai dari sosial, kultural, hingga ekonomi.

Kompetisi ini terbagi ke dalam dua kategori DEI dan ESG. Serta, kategori khusus Pemerintah Daerah. Tercatat ada 77 entri dari 39 organisasi dari berbagai lintas instansi/korporasi yang berlaga di ajang tersebut.

khusus Kategori Pemimpin Terpopuler di Media On-line 2021, Humas Indonesia bekerja sama dengan Kazee Digital Indonesia yang melakukan monitoring pemberitaan terhadap ratusan (K/L) pusat dan daerah, perusahaan BUMN dan BUMD di 6.061 media on-line lokal, 2.320 media on-line nasional, dan 2.407 media on-line internasional. Monitoring dilakukan sejak 1 Januari – 31 Desember 2021. Selain menggunakan metode kuantitatif secara real-time, penilaian dilakukan secara kualitatif.

Sumber: pupuk-indonesia.com

Share.