Memoar “Duta Besar” Sawit Indonesia (Bagian LXXVIII)

Lalu Bungaran bercerita mengenai kunjungannya ke Eropa memenuhi undangan parlemen suatu negara. Dia bercerita beda pandangan tentang konservasi hutan yang sulit dipertemukan. Tiba-tiba Bungaran sadar jatah waktu sudah dilampaui. Saya memang sdang bersiap untuk menulis peringatan waktu ketika bungaran berkata, “Barangkali saya sudah terlalu lama berbicara?!” sambil memandang kepada saya.Segera saya sambut dengan ucapan, “Indeed”, artinya memang benar.

Bungaran mengulangi, “Indeed”, dan segera beralih ke inti pertemuan. Ia berkata, “RSPO adalah satu solusi. Dengan mengikuti prinsip dan kriteria yang tadi disebut Pak Derom, kita bisa menghindari tindakan yang menyusahkan orangutan. Juga menghindari dampak negatif lain terhadap lingkungan. Jadi, RSPO memang makin penting”. Acara saya lanjutkan dengan tanya jawab singkat untuk dua penannya dan segera ditutup agar acara selanjutnya masih mendapat cukup waktu.

DIPLOMASI SUHU

Minyak nabati memiliki peran sentral di dalam hidup manusia. Manusia selalu membutuhkan minyak nabati yang berfungsi sebagai lemak didalam tubuhnya. Semakin tinggi taraf hidup manusia, semakin tinggi pula kebutuhannya terhadap minyak nabati. Oleh karena itu, sepanjang manusia masih hidup dimuka bumi ini, selama itu pula minyak nabati dibutuhkan oleh manusia.

Sumber : Derom Bangun

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like