Memoar “Duta Besar” Sawit Indonesia (Bagian LXIV)

Untuk menangulangi kebakaran, pemerintah menunjuk Menteri Koordinator Kesejahteraan rakyat Azwar Anas sebagai koordinator dan Menteri Negara Kingkungan Hidup untuk segera melakukan upaya pemadaman kebakaran secara intensif. Namun pengendalian kebakaran tak mempan untuk mengatasi kebakaran hutan yang semakin meluas. Semua tudingan kepada pihak perkebunan sawit dan petani kelapa sawit makin lama makin keras. Bahkan ada beberapa pihak yang mengungkapkan bagaimana kondisi hutan yang baru dibakar oleh pengusaha perkebunan yang tujuannya adalah untuk membuka perkebunan sawit. Menteri Lingkungan Hidup juga berupaya keras melakukan langkah-langkah untuk menangulangi kebakaran itu, tetapi kemarau yang berkepanjangan akibat El Nino itu membaut kebakaran tak terbendung.

Di  GAPKI, kami para pengurus menganjurkan kepada pengusaha-pengusaha untuk mencegah kebakaran dan juga membantu memadamkan kebakaran diwilayah perkebunan masing-masing. Kami tahu bahwa beberapa anggota GAPKI memiliki alat pemadam kebakaran yang cukup baik, karena itu kami anjurkan mereka bersedia membantu pemadaman supaya keadaan semakin baik. Kami menyelengarakan lokakarya untuk membahas dan menyebarluaskan upaya pencegahan dan pemadaman kebakaran. Acara ini kami lakukan atas kerja sama dengan Pusat Penelitian Kelapa Sawit dan megundang pejabat tinggi dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup untuk menyampaikan imformasi yang bermanfaat dalam menangulangi kebakaran itu.

Dalam kesempatan itu hadir Nabiel Makarim yang telah lama saya kenal. Sejak tahun 1985 ia sudah aktif sebagai pejabat di Kementerian Negara Lingkungan Hidup bersama Emil Salim. Nabiel bahkan pernah membantu saya menangulangi limbah pabrik kelapa sawit dan karet pada tahun 1983-1984. Pertemuan berlanjut pada tahun 1986 ketika saya mengikuti pelajaran di Massachusset Intitute of Teknology (MIT), Boston, Amerika Serikat, sementara ia sedang mengikuti pendidikan di Harvard Business School.

Sumber : Derom Bangun

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like