Mengenal Keunggulan Boiler Maxitherm

pengolahan minyak sawit.  Boiler atau disebut juga ketel uap berfungsi mengonversi energi dari air menjadi uap melalui cara pemanasan. Uap dari boiler dibutuhkan untuk menggerakkan stasiun pabrik sawit lain seperti sterilizer, klarifikasi, dan turbin.

Begitu pentingnya peran boiler menjadikan pelaku industri harus teliti saat memilih boiler. PT Maxitherm Boilers Indonesia, produsen boiler ternama di Indonesia, mempunyai beragam produk boiler yang sudah banyak digunakan kalangan pelaku industri sawit. Tim Redaksi SAWIT INDONESIA berkesempatan mengajukan sejumlah pertanyaan terkait pemilihan boiler berkualitas dan handal dengan PT Maxitherm Boilers Indonesia.

Hariadi Tjandra, Marketing and Business Development Manager PT Maxitherm Boilers Indonesia, menjelaskan bagaimana cara memilih boiler yang sesuai bagi pabrik pengolahan sawit. Tren permintaan boiler saat ini yang berbahan bakar janjang buah kosong atau empty fruit bunch. Boiler ini sangat efektif dan produktif menghasilkan uap sesuai kebutuhan pabrik sawit; selain dapat membantu program ramah lingkungan di perkebuna sawit.

Berikut ini rangkaian tanya jawab kepada pihak PT Maxitherm Boilers Indonesia, yang dijawab secara ringkas oleh Hariadi Tjandra. Tujuannya pelaku industri tidak salah memilih tipe boiler sesuai kebutuhan mereka. Berikut ini petikan wawancara kami:

Berapa jenis boiler pabrik sawit yang diproduksi perusahaan? Mohon dijelaskan spesifikasi dari masing-masing boiler?

Desain boiler yang dimiliki Maxitherm sangat komplit, yang kami prioritaskan adalah penawaran produk yang paling cocok untuk kebutuhan owner. Setiap boiler kami didesain dengan tingkat reliability dan efisiensi tinggi.

Dikarenakan belakangan ada banyak permintaan boiler pabrik sawit yang bisa menggunakan bahan bakar 100% Empty Fruit Bunch (Janjang Buah Kosong). Maxitherm telah melakukan partnership dengan BIB untuk menawarkan inovasi terbaru di bidang boiler pabrik sawit, yaitu 100% EFB Biomass Watertube Boiler.

Dalam pemilihan tipe boiler, faktor-faktor apa saja yang mesti menjadi pertimbangan?

Faktor utama dalam pemilihan boiler adalah yang paling cocok dengan bahan bakar yang tersedia di perusahaan owner. Dengan desain boiler yang komprehensif, boiler kami bisa menerima berbagai jenis bahan bakar dari gas sampai dengan limbah sawit.

Salah satu permintaan boiler pabrik sawit yang meningkat sejak tahun 2017 adalah teknologi co-firing Biomass dengan Biogas. Maxitherm Boilers adalah pionir di bidang tersebut, dengan beberapa boiler yang sudah memakai teknologi tersebut.

(Selengkapnya dapat di baca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 94, 15 Agustus – 15 September 2019)

3 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like