JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Setelah bertahun-tahun tinggal di rumah kayu yang lapuk dimakan usia, rumah seorang bapak tua renta bernama Bahtiar (65 tahun) yang tinggal di KM 04 RT.07 Kelurahan Kotawaringin Hulu, Kecamatan Kotawaringin Lama Kabupaten Kotawaringin Barat- Kalimantan Tengah kini tampak bahagia. Juga rumah anggota keluarganya karena rumah yang ditempatinya saat ini berubah menjadi lebih baik dan layak huni.

Sebelumnya, rumah Bahtiar yang bekerja sebagai buruh serabutan (borongan janjang kososong) ini  tidak layak huni. Begitu juga sarana MCK tidak ada. Lokasi rumah yang telah direnovasi ini berjarak 11 km dari operasional PT BGB (Kotawaringin Estate, Metro Manggo), anak usaha Bumitama Gunajaya Agro (BGA).

Kondisi ini menjadi perhatian warga setempat sehingga Tim CSR BGA Wilayah 5 (Bumitama Gunajaya Abadi) bekerjasama dengan perangkat desa dan kecamatan melakukan survei untuk dilakukan program Bedah Rumah, berdasarkan rilis perusahaan.

Masyarakat Desa Kotawaringin Hulu yang mayoritas bekerja sebagai petani dan buruh serabutan tersebut pun sangat senang melihat telah berubahnya rumah Bahtiar. Hal ini terlihat dari antusiasme warga dimana pengerjaan bedah rumah dilakukan secara bergotong-royong.

Warga sekitar yang menjadi tetangga Bahtiar itu turut berpartisipasi aktif membantu dengan tenaga kepada tetangganya yang rumahnya tidak layak huni tersebut.

Bantuan Program bedah rumah diserahkan kepada pemilik rumah dan disaksikan oleh Kepala Desa dan Camat.

Share.