Perputaran roda ekonomi yang terus berkembang, menjadi daerah-daerah sentra kebun sawit menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru dikawasan pedesaan Sumatera Selatan. Sungai Lilin, Tugumulyo, Pemantang Panggan, Peninjauan dan lain-lain berkembang menjadi pusat pertumbuhan baru yang digerakan oleh ekonomi sawit.

Sebagai lokomotif ekonomi pedesaan, peningkatan produksi CPO memiliki efek multiplier yang luas dan besar sehingga berdampak pada PDRB kabupaten-kabupaten sentra sawit di Sumatera Selatan. Pertumbuhan ekonomi kabupaten-kabupaten sentra sawit lebih cepat dibandingkan kabupaten-kabupaten bukan sentra sawit di Sumatera Selatan.

Peningkatan pendapatan petani sawit, petani lainnya dan masyarakat pedesaan yang terlibat langsung dan tidak langsung pada ekonomi sawit, tercermin dari penurunan kemiskinan dengan meningkatnya ekonomi sawit. Hal ini juga telah memperoleh pengakuan dari studi Worid Bank yang mengatakan bahwa perkebunan kelapa sawit berperan penting dalam pembangunan kawasan pedesaan dan penurunan kemiskinan.

Sumber: GAPKI SUMSEL

Share.