JAKARTA,  SAWIT INDONESIA –  Berada di bawah tenda putih besar, ratusan pramuka menyimak serius video yang menguraikan manfaat biodiesel dan kelapa sawit. Selesai menonton video, sebuah mobil MPV bertuliskan  “Biodiesel Bahan Bakar Ramah Lingkungan” masuk ke dalam tenda.

Para Pramuka tadi penasaran dengan kehadiran mobil tersebut. Dua orang panitia mengisi bahan bakar campuran biodiesel dan solar ke mobil tadi. Brrm, mobil lalu hidup. Tak berapa lama, mobil meninggalkan tenda.  Riuh tepuk tangan membahana di dalam tenda. Lebih dari 2 jam lamanya, dua orang Pramuka jenjang Pandega membawakan pengenalan sawit dan biodiesel.

Rangkaian kegiatan ini diinisiasi oleh Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (APROBI) yang didukung Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dalam Jambore Nasional (Jamnas) XI, di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Sosialisasi ini diselenggarakan mulai 15-19 Agustus 2022 yang diikuti pramuka penggalang utusan kwartir cabang (kabupaten/kota) di Tanah Air dan Gudep yang berpangkalan di KBRI, serta utusan organisasi pramuka di kawasan Asia Pasifik.

“Pengenalan penggunaan biodiesel kepada Pramuka sudah dilakukan semenjak 2016. Tidak hanya dilakukan di acara Jamnas melainkan dalam kegiatan Pramuka lainnya seperti  kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional tahun lalu di Jambi,” ujar Paulus Tjakrawan, Ketua Harian APROBI, Selasa (15 Agustus 2022).

Paulus menjelaskan bahwa Pramuka memiliki peranan penting dalam kegiatan distribusi informasi biodiesel supaya mengetahui sumber bahan baku biodiesel dan manfaatnya kepada masyarakat. Distribusi informasi kepada anak-anak Pramuka di jenjang Penggalang diharapkan mampu meng-counter isu negatif sawit termasuk biodiesel.

“Setelah pulang ke daerahnya masing-masing, mereka akan bercerita manfaat biodiesel ini kepada rekan-rekannya. Ini tujuan utama dari kegiatan APROBI ini,” jelas Paulus yang juga menjabat Kepala Puslitbang Kwarnas Pramuka.

Jambore Nasional yang diadakan tiap lima tahun sekali kali ini diikuti oleh 8.042 pramuka penggalang, 1013 pembina pendamping dan 242 pimpinan kontingen daerah yang berasal dari 34 Kwarda dan 528 utusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka dan Satuan Komunitas Pramuka.

Tema Jamnas ke-11 adalah ‘Ceria, Berdedikasi, dan Berprestasi’ yang berisikan berbagai kegiatan. Baik kegiatan untuk meningkatkan keterampilan fisik maupun kegiatan untuk menambah wawasan dan pemahaman mental dan rohani.

 

Share.