PTPN 2 Instruksikan Panen TBS Petani Plasma Kebun Arso Dihentikan

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II mengeluarkan surat edaran mengenai pemberitahuan penghentian panen Tandan Buah Segar (TBS) sawit. Dalam surat ini disebutkan supaya petani Plasma/PIR maupun KKPA tidak lagi melakukan panen TBS dan angkutan ke pabrik sawit PTPN Kebun Arso Papua yang berlokasi di Kabupaten Keerom.
Penghentian panen ini disebabkan PT Era Karya Teknindo yang menjadi mitra kerja PTPN II Kebun Arso tidak akan menerima pasokan TBS. Karena TBS tidak lagi diterima pabrik PTPN II Kebun Arso Papua, maka diharapkan petani PIR/plasma  dan petani KKPA tidak melakukan panen TBS serta  angkutan ke pabrik PTPN II Kebun Arso.
Surat yang ditandatangani YAM Manusiwa, Plt Manager PTPN II Kebun Arso ini menyatakan TBS petani plasma/PIR dan KKPA tidak lagi diterima perusahaan mulai 3 Oktober 2018 sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.
Yahmin, petani plasma PTPN II Kebun Arso, mengeluhkan bahwa surat penyetopan panen ini dilakukan sepihak tanpa rapat ataupun musyawarah terlebih dulu. Yang menjadi persoalan, tidak ada batas waktu kepastian penghentian panen TBS petani.
“Kami (petani) plasma dan KKPA  Kebun Arso meminta tanggung jawab PTPN II sebagai mitra dalam pembangunan kebun Plasma dan KKPA. Jika penghentian dilanjutkan tanpa kepastian, maka berdampak buruk bagi masyarakat Arso yang berprofesi petani, tukang panen, serta armada angkutan TBS. Selain itu, dikhawatirkan kebun malahan menjadi semak belukar,”ujar Yahmin yang juga menjabat Wakil Ketua DPW Apkasindo Papua.
Total luas  lahan KKPA mencapai 10.000 hektare dengan lahan produktif seluas 2.300 hektare. Rata-rata produksi sebesar 1.500 ton-2.300 ton per bulan.
Redaksi telah menghubungi Dirut Holding PTPN III (Persero), Dolly Pulungan, tetapi belum ada jawaban terkait persoalan ini. PTPN II adalah anak usaha Holding PTPN. Total areal  perkebunan yang dikelola PTPN II termasuk sawit, tembakau, dan gula mencapai 109.409,61 hektare dan total areal ditanami 52.118,06 hektare. Wilayah kerja perusahaan berada di Sumatera Utara dan Papua. Sementara itu, perkebunan sawit PTPN II seluas 48.916,53 Ha
Persoalan yang dihadapi PTPN II di Kebun Arso mulai terjadi semenjak krisis ekonomi  1998. Beban berat dihadapi perusahaan pelat merah ini ketika terjadi pemalangan oleh masyarakat adat di kebun inti dan lokasi pabrik pada 2016-2017. Akibatnya, petani tidak bisa menjual buah lantaran pabrik tidak beroperasi.  Di Kabupaten Keerom berdasarkan data Dinas Perkebunan dan Kehutanan setempat, luas perkebunan sawit 11.921 hektare.
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like