Industri Minyak Sawit Indonesia Menuju 100 Tahun NKRI (Bagian LXXVIII)

Masalah utama pengembangan biofuels di Indonesia adalah political will dan konsistensi kebaikan energi nasional, dan bukan masalah teknologi apalagi bahan baku. Seharusnyasubsidi BBM fosil segera mungkin dicabut dan dialihkan untuk subsidi biofuel (untuk sementara) dan dalam jangka waktu tertentu dicabut secara bertahap, sehingga konsumen memiliki waktu untuk menyesuaikan diri.

Evolusi Kebijakan Pemerintah

Perkembangan agrobisnis minyak sawit sebagaimana diuraikan pada bab-bab sebelumnyatidak dapat dilepaskan dari kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah, khususnya sejak tahun 1970. Kebijakan ekonomi yang dimaksud baik kebijakan yang secara langsung ditujukan pada agrobisnis minyak sawit maupun kebijakan secara tidak langsung yakni dalam rangka pengelolaan makro ekonomi, termasuk dalam perdagangan internasional.

Kebijakan pemerintah yang secara langsung ditujukan pada agrobisnis minyak sawit antara lain kebijakan alokasi penggunaan CPO untuk kebutuhan domestik yang disertai dengan kebijakan harga CPO maksimum, kebijakan Perkebunan Inti Rakyat dan Perkebunan Besar Swasta Nasional (PBSN), dan kebijakan ekspor CPO dan produk turunannya.

Sumber : GAPKI

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like