Wintor XP – R Series Kembali Melengkapi Kebutuhan Panen

PT Astra Otoparts Tbk memperkenalkan produk terbaru yaitu WINTOR XP-R High BIN. Unit ini menyempurnakan keunggulan seri Wintor sebelumnya dengan tenaga lebih besar dan operasional panen yang lebih efisien.  

Kegiatan pengangkutan hasil panen menjadi kunci menghasilkan minyak sawit berkualitas tinggi. Dari kebun ke pabrik sawit, pekebun seringkali menghadapi tantangan dalam pengangkutan. Antara lain kondisi jalan tidak rata, struktur tanah labil, dan jalanan becek tak jarang menjadi kendala bagi pemanen.

Bagi pekebun, semakin cepat buah dikirim akan menghasilkan minyak berkualitas bagus. Oleh karena itu, pengiriman TBS disarankan kurang dari 24 jam sampai ke pabrik sawit untuk menekan tingkat asam lemak bebas (FFA) dan mendapatkan kualitas terbaik.

PT Astra Otoparts Tbk anak usaha Astra Grup, menjawab tantangan di kegiatan penangkutan hasil panen sawit melalui inovasi traktor mini bernama Wintor. Unit ini pertama kali diluncurkan pada 2013.

Setelah Wintor mendapatkan respon positif dari pengguna. PT Astra Otoparts Tbk meluncurkan generasi ketiga yaitu WINTOR XP-R Series.  Produk ini memang digadang-gadang sebagai penerus generasi kedua.

Chief Executive Marketing, PT Astra Otoparts, Tbk, Rio Sanggau menjelaskan pihaknya menawarkan traktor mini terbaru, WINTOR model XP-R High BIN untuk mempermudah  pengangkutan dan pelangsiran Tandan Buah Segar (TBS)  sawit sehingga lebih efisien dari aspek waktu, tenaga, dan biaya.

“Kami terus berinovasi mendukung mekanisasi perkebunan sekaligus menjawab kebutuhan pelaku usaha sawit. Terutama memberikan kemudahan proses pengangkutan buah sawit dari kebun ke tempat pengumpulan buah,” ujar Rio saat ditemui di kantornya di Jakarta.

Menurutnya mekanisasi panen merupakan suatu proses dari pengambilan Tandan Buah Segar (TBS) sawit hingga pengangkutan TBS ke pabrik menggunakan traktor mini atau alat angkut menggantikan angkong. “Kami melihat proses ini harus efektif dan efisien,” kata Rio.

Selanjutnya, dikatakan Rio bahwa WINTOR XP-R High BIN lebih handal dan tangguh dalam kegiatan pengangkutan TBS.

Dengan menggunakan produk WINTOR XP-R High BIN membuat pelaku usaha sawit lebih efektif dan efisien. Unit terbaru Astra Otoparts ini bermuatan  500 kg .  Selain itu, unit generasi ketiga Wintor memiliki  desain bak yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Traktor Mini WINTOR XP-R High BIN punya bobot ideal sebesar 800 kg. Bobot sebesar ini  memiliki payload 500 kg. Kendati demikian, unit ini dirancang khusus supaya tidak merusak struktur tanah kebun dan akar sawit. Umumnya, kebun menghindari penggunaan traktor karena berdampak buruk bagi jalan kebun.

Dengan menggunakan varian Wintor terbaru XP-R High Bin (HB), pelaku usaha Kelapa Sawit dapat meningkatkan efisiensi operasional pengangkutan Wintor.

Alasan Pertama, memangkas proses yaitu dari yang sebelumnya buah harus dilangsir dahulu ke TPH, atau untuk kebun  yang saat ini menggunakan bin 3 ton dahulu sebelum ke bin 6 ton, dengan Wintor XP-RHB TBS dari gawangan bisa langsung dituang ke bin 6 ton.

Kedua, biaya investasi unit rendah jika dibandingkan dengan value yang dapat diperoleh dengan mekanisme bin system menggunakan Wintor XP-R High Bin ini.

Handal di kebun

WINTOR XP-R High BIN didukung mesin diesel (engine) bertenaga 547cc 11 HP, tangki bahan bakar berkapasitas 9 liter, dan daya baterai 12 volt.  Di unit terbaru, dimensi bak  lebih besar berukuran 368x148x194cm. Selain itu, ditambahkan sistem hidrolik untuk memudahkan penuangan muatan. “Dengan sistem hidrolik akan mempermudah aktivitas pemindahan tandan buah segar ke dalam bin truk sehingga sangat efektif,” kata Rio yang sangat berpengalaman di bidang marketing.

(Selengkapnya dapat di baca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 96)

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like