Wintor Jawaban Mekanisasi Sawit

Astra Otoparts menghadirkan inovasi untuk meningkatkan produktivitas buah dan pekerjaan di lapangan. Saat ini, Astra Otoparts menghadirkan tipe terbaru yaitu Wintor  Cartenz 700.

Mekanisasi dapat menjadi solusi dalam meningkatkan produktivitas. Secara definisi mekanisasi adalah sebuah proses penggantian dan penggunaan berbagai macam mesin serta beragam sarana teknik yang ditujukan untuk menjadi alat pengganti bagi tenaga manusia maupun hewan.

Di perkebunan sawit, mekanisasi sawit bertujuan untuk mendukung produktivitas hasil. Pada sektor ini, mekanisasi umumnya diterapkan untuk memudahkan proses pengolahan lahan, pemupukan (perawatan) dan pengangkutan hasil kebun (sawit) yaitu mengangkut Tandan Buah Segar (TBS) dari kebun ke pengepul kemudian dilanjutkan dengan alat angkut dengan kapasitas yang lebih besar (kendaraan truk) menuju Pabrik Kelapa Sawit (PKS).

Penerapan mekanisasi telah berjalan di sejumlah perusahaan sawit skala besar seperti  PT Astra Agro Lestari Tbk. Salah satu yang dilakukan yaitu menggunakan alat pendukung yaitu traktor yang berfungsi untuk membantu kerja-kerja yang awalnya hanya mengandalkan tenaga manusia, dalam mengangkut kompos, bibit dan TBS.

Kehadiran Wintor mulanya untuk menjawab kebutuhan Astra Agro di bidang transportasi perkebunan. Kebutuhan ini berupaya dijawab Astra Otoparts yang menghasilkan unit transportasi multifungsi. Unit untuk perkebunan sawit dinamai Wintor.

Berpijak dari kebutuhan itu, Astra Otoparts membuat kendaraan angkut yang membuat  perkebunan sawit lebih modern. Alhasil, hadirlah Wintor Composter 500 yang diproduksi  pada 2013.

Rio Sanggau, Chief Executive Marketing PT ASTRA Otoparts,Tbk, menjelaskan sekitar tahun 2013, Astra Agro Lestari (AAL) memberikan tantangan pada Astra Otoparts yang kapabilitasnya membuat komponen kendaraan baik roda dua, roda empat dan industrial. Sejak, saat itu pihaknya memproduksi alat mekanisasi perkebunan yaitu Wintor sampai kemudaian tercipta Wintor Cartenz 700 yang merupakan tipe terbaru,” ungkap Rio.

Seiring perjalanan dan majunya perkembangan mekanisasi di sektor perkebunan. Pada 2018,  Wintor tipe terbaru pun dihadirkan untuk menjawab kebutuhan yaitu Wintor Cartenz 700. Kendaraan angkut, Wintor Cartenz 700 sangat unggul dioperasikan di area infield. Alat pendukung ini dirancang untuk meningkatkan produktivitas panen di perkebunan sawit.

Wintor Cartenz 700 mempunyai spesifikasi di antaranya mesin Diesel, kapasitas tangki bahan bakar 9 liter, Roda penggerak dengan Differential Lock System, Suspensi Depan Double Arm, Suspensi Belakang Trailing Arm, Transmisi (3 Maju dan 1 Mundur), Kecepatan Maksimal 27/Jam, Baterai Aki menggunakan Dry Accu 12 Volt/65Ah, Sistem Pengereman 4 Disc Brake (Depan dan Belakang), Ban Low Ground Pressure (LGP), Beban Kendaraan 750 kilogram, Kapasitas Penumpang 2 orang, Sistem Bak Hydraulic Dumping, Kapasitas Bak 700 kilogram, Frame Tubular Chassis, Dimensi Unit (352 x 137 x 196 cm), Dimensi Bak (164 x 120 x 35 cm), Tinggi Permukaan Tanah (a) 20 cm, Radius putaran 4.0 m dan Jarak Sumbu Rodan 190 cm. Dan, Wintor Cartenz 700 juga memiliki dua pilihan bak hydrolik dan bak biasa.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like