Wapres: Pengembangan Kelapa Sawit Bagian dari Jalankan Perintah Agama

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Wapres RI, K.H.Ma’ruf Amin menjelaskan bahwa Pengembangan kelapa sawit bukan hanya bertujuan bagi kegiatan ekonomi. Melainkan juga bagian dari menjalankan perintah agama .

Hal ini diungkapkan saat memberikan sambutan dalam kegiatan meresmikan Panen Perdana Kelapa Sawit dan Peninjauan Santripreneur secara daring di di Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Kamis (2 September 2021).

Selanjutnya, Wapres mengutip petikan surah Al Hud ayat 61 yang berbunyi huwa ansyaakum minal ardhi waasta’marakum fiihaa faastaghfiruuhu. Ayat ini , kata Wapres, menjelaskan bahwa Allah SWT yang menciptakan kamu dari (bumi) tanah dan meminta kamu untuk memakmurkan bumi agar mensejahterakan umat manusia.

“Salah satu cara memakmurkan bumi adalah mengolahnya. Dan upaya memakmurkan bumi dapat dilakukan dengan menanam kelapa sawit, ” urainya.

Oleh karena itu, Wapres sangat mengapresiasi pengembangan kelapa sawit rakyat oleh santri. Sejatinya, para santri ini telah menjalankan perintah agama.

“Jadi, pengembangan sawit ini bukan sebatas masalah ekonomi. Melainkan juga cara memakmurkan bumi sesuai perintah agama. Makanya, para santri harus aktif menjadi bagian program ini,” ujar mantan Ketua MUI ini.

Ihwal keterlibatan santri dalam pengembangan kelapa sawit disampaikan oleh Muzaki Musoffa, seorang santri. Ia mengakui program santripreneur sawit telah berjalan setahun dengan pendampingan intensif dari APKASINDO yang menjalankan program pembibitan untuk memenuhi kebutuhan lahan Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).

“Ke depannya, harapan kami dapat program santripreneur juga memberikan kesempatan dalam pengembangan pabrik minyak goreng mini. Teknologinya sederhana dan minyak goreng ini akan dinamakan minyak goreng santri,” harapnya dalam sesi dialog bersama Wapres seusai panen perdana.

Wapres pun mengapresiasi dan mendukung rencana para santri di Provinsi Riau untuk mendirikan pabrik mini minyak goreng sawit melalui program Santripreneur berbasis kelapa sawit.

“Pembangunan pabrik mini minyak goreng sawit, tentunya merupakan salah satu dari bentuk hilirisasi komoditas kelapa sawit. Saya mengapresiasi dan saya minta juga disiapkan namanya yang menarik, kemudian pendanaannya juga diupayakan,” ungkap Wapres.

Lebih lanjut, Wapres menuturkan bahwa untuk merealisasikan hal ini nantinya dapat menggunakan dana dari pemerintah ataupun pihak lain.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like