Traktor Quick Terus Berinovasi

Untuk menjawab kebutuhan alat angkut di perkebunan, CV Karya Hidup Sentosa (Traktor Quick) terus melakukan inovasi pada produknya. Produsen traktor asal Yogyakarta ini menampilkan prototipe tiga produk baru di International Palm Oil Conference (IPOC) 2019 yang digelar di Nusa Dua Bali, pada 30 Oktober – 1 November 2019.

Assisten Kepala Unit Pemasaran CV Karya Hidup Sentosa (Tractor Quick), Gatot Soetrisno mengatakan prototipe 3 produk baru tersebut, 2 diantaranya varian dari produk unggulan Quick Truck yang sudah dikenal publik dua tahun ini, yakni Quick Truck QT-16 dan Quick Truck Spreader. Sedangkan 1 produk terbaru yaitu Quick Mower. “Ketiga  produk baru dari CV Karya Hidup Sentosa sangat dibutuhkan perusahaan sawit,” ujar Gatot, saat ditemui, di boothnya, di acara IPOC 2019.

 Menurut Gatot, produk baru (Quick Truck, QT-16), berbeda dengan QT-14 yang didesain sangat sederhana dan serba manual. QT-16 hadir lebih modern sesuai dengan kebutuhan industri perkebunan sawit yang menuntut efisiensi, kecepatan, dan kemudahan operasional.

Baca Juga :   Industri Minyak Sawit Indonesia Berkelanjutan (Bagian XXXVIII)

QT-16 dihadirkan dengan spesifikasi Engine Kubota 15 HP,  2 seat penumpang, dilengkapi dengan sistem starter elektrik dan manual. Selain itu, juga ditambahkan scissor lift dan hydraulic dumping.

Sehingga, lanjut Gatot, ada beberapa benefit yang didapat seperti efisiensi di segala lini berkat kapasitas angkut 700 kg sekali angkut, bekerja dengan 2 orang (tenaga kerja) dan konsumsi 5 liter solar untuk pemakaian 8 jam kerja.

“Sementara, untuk produk baru Quick Truck Spreader diharapkan dapat membantu pekebun untuk pengangkutan pupuk. Pemupukan adalah aktivitas sangat penting dalam perawatan perkebunan sawit. Pemupukan yang tepat waktu, sesuai ukuran, dan cepat menghindarkan perusahaan dari pemborosan tenaga kerja, waktu, dan biaya yang akan membebani operasional bisnis. Karenanya, QT Spreader dihadirkan sebagai solusi mempermudah pemupukan tanaman,” ujar Gatot.

Quick Truck Spreader memiliki spesifikasi kapasitas Hopper 300 liter, kapasitas maksimal : 300 Kg, tipe hopper berbahan stainless steel dengan jalur pengeluaran yang dapat diatur. Dilengkapi dengan Gearbox yang terbuat dari bahan besi baja dengan finishing powder coating.  Dan, produk baru yang ketiga yaitu Quick Mower, produk yang didesain khusus untuk kebutuhan di lahan sawit yaitu membersihkan gulma di sekitar pohon sawit (piringan). dengan produk ini akan memudahkan membersihkan jalan dari rerumputan untuk areal “pasar pikul”. Dan membantu memudahkan Pemanen sawit dalam melihat apakah TBS sudah matang atau belum dengan melihat apakah ada “brondol” TBS yang terjatuh di areal piringan yang bersih.

Baca Juga :   President Jokowi Asks For B30 Mandatory Next Year

Selanjutnya, Gatot menjelaskan Quick Mover menggunakan engine penggerak Kubota 15 HP. Dengan dilengkapi operator seat. Radius belok yang cukup untuk membersihkan piringan sawit (Circle) dengan kecepatan penyelesaian ± 2 menit per piringan dengan diameter piringan 5 – 6 meter.

“Memiliki 3 tingkat penyetelan ketinggian pemotongan dari permukaan tanah. Untuk pemotongan dengan penyetelan pemotongan setinggi ± 3 cm pada area yang memiliki ranting, semak, rumput yang lebat maupun tinggi dengan diameter ranting sampai 1,5 – 2 cm,” jelas Gatot.

Untuk pemotongan dengan sisa rumput/gulma ± 1 cm, untuk pemotongan pada pasar pikul lahan sawit atau lapangan, taman. dan, untuk pemotongan dengan memotong sampai pengangkatan permukaan tanah serta pemotongan pada piringan. Memiliki Ground clearance yang cukup.

Baca Juga :   Menkeu: Perusahaan dengan Kinerja Baik yang Dapat Insentif Harga Gas

“Kapasitas Pemotongan Mower QUICK yaitu piringan (Circle) 2 menit/circle, pasar pikul (Path) 1,09 Ha/Jam. Total kapasitas pemotongan 0,12 Ha/Jam. Dan, jika diasumsikan jam kerja 7 Jam/hari, maka kapasitas potong menjadi 0,84 Ha/hari. Dan, apabila rotasi pemotongan 3 kali setahun atau 4 bulan sekali dengan estimasi 80 hari kerja efektif per rotasi (20 hari/bulan), maka kebutuhan Mower adalah 1 unit untuk tiap 67,5 Ha Lahan Sawit,” pungkas Gatot.

Quick Mower dapat dioperasikan untuk pembersihan gulma pengganggu pada areal piringan sawit (Circle) dengan diameter 5-6 meter. Pembersihan benda pengganggu di areal piringan pohon sawit misalnya  ranting, perdu/ semak, rumput, janjang, dll. Pemotongan atau pengangkatan permukaan tanah dan untuk membersihkan akar akar gulma.

(Selengkapnya dapat di baca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 98)

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like