Traktor Kioti Pendukung Mekanisasi di Perkebunan Kelapa Sawit

PT Satrindo Mitra Utama mendukung mekanisasi di perkebunan sawit. Memperkenalkan Traktor Kioti dengan teknologi Korea Selatan yang memiliki beragam fungsi.

Kelapa Sawit merupakan salah satu komoditi Perkebunan yang memegang peranan penting dalam perekenomian Indonesia.  Dengan Total luas kurang lebih 14,3 juta hektare yang terdiri dari Perkebunan Negara (BUMN), Perkebunan Swasta dan Perkebunan Rakyat.

Dengan jumlah yang sangat luas dan produksi yang tinggi saat ini semakin sulit mencari tenaga kerja disektor perkebunan, sehingga dibutuhkan pemakaian alat mekanisasi di areal perkebunan kelapa sawit.

PT Satrindo Mitra Utama salah satu Perusahaan Distributor Traktor Perkebunan di Indonesia dengan Merk KIOTI.  Traktor KIOTI merupakan produksi dari Korea Selatan yang sudah cukup popular dan memiliki populasi yang banyak di perkebunan kelapa Sawit. Pabrik Traktor KIOTI sendiri sudah berusia 70 tahun dan merupakan spesialis untuk industry mesin Pertanian di Korea Selatan.

Baca Juga :   Mutu Certification Sahabat Petani

“Traktor KIOTI sangat bermanfaat untuk membantu pengangkutan dan pelangsiran TBS dari kebun ke TPH dan Jankos (kompos) dari pabrik ke area kebun sehingga efektif dan efisien,” ujar Zulhelmy Rendra Nasution, Sales Division Head PT.Satrindo Mitra Utama (SMU).

Zulhelmy Rendra Nasution atau yang akrab disapa Rendra menjelaskan bahwa mekanisasi sudah berjalan di perkebunan sawit, ada beberapa perusahaan sudah menggunakan traktor merek lain.

“Tetapi pengerjaanya masih belum efektif oleh karena pengaplikasiannya belum terintegrasi. Traktor digandeng dengan trailer tetapi loading buahnya masih secara manual. Jadi, ada tiga orang terdiri dari satu orang sebagai tenaga pemuat (manual loader) dan dua orang sebagai operator untuk mengoperasikan dua unit traktor,” ujarnya.

Baca Juga :   Dr. Fadhil Hasan: B30 Selamatkan Perekonomian dan Industri Sawit

Untuk itu, pihaknya menawarkan cukup satu traktor multi fungsi dan terintegrasi yaitu Traktor Kioti yang dipasang dengan grabber dan trailer. “Traktor ini sangat multi fungsi baik bagi pengangkutan dan langsir TBS mau pun pengangkutan Jankos,” kata Rendra.

Ada beberapa tipe Traktor KIOTI yang sesuai bagi perkebunan sawit diantaranya PX 9020 dengan tenaga 90 HP dan juga PX 1002 dengan tenaga 100 HP.  Kedua model Traktor ini memiliki dimensi yang kompak dan cukup efisien dengan Ground Clearnce 475 mm – 495 mm sehingga sangat efektif dan maksimal apa bila melalui jalanan yang jelek di areal perkebunan, serta dengan tenaga yang besar dapat melalui jalanan dan areal yang berbukit di Perkebunan Kelapa Sawit.

Traktor KIOTI PX 9020 dan PX 1002 memiliki kecepatan 16 maju dan 16 mundur dengan system transmisi  Synchro Meshse hingga memudahkan operator melakukan penukaran gigi kecepatan di lapangan.

Baca Juga :   Industri Minyak Sawit Sumatera Utara Berkelanjutan (Bagian IV)

Selain itu, Traktor KIOTI PX 9020 dan PX 1002 sudah dilengkapi dengan Creep Gear dan juga kecepatan PTO 540/1000.  Dengan adanya, Creep Gear Traktor KIOTI ini mempermudah pemasangan implement pelengkap lainnya.  Selain itu juga pada pemakaian implement yang membutuhkan kecepatan/speed yang tinggi Traktor KIOTI dapat melaju dengan stabil dan hemat BBM dikarenakan RPM Mesin Traktor akan stabil

Traktor KIOTI PX 1002 dapat diaplikasikan dengan pemakaian Ditcher di areal Perkebunan Kelapa Sawit untuk melakukan pembersihan parit dari tanaman liar dan pembuatan parit baru dengan waktu yang cepat dan singkat.

(Selengkapnya dapat di baca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 104)

7 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like