Tinjauan Singkat Karakter Unik Minyak Sawit

Sawit Sebagai Tanaman Unggul Penghasil Minyak Pangan

Indonesia dikaruniai kondisi tanah dan iklim yang sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman sawit. Karena itu, tanaman sawit dapat tumbuh subur di Indonesia dan menghasilkan minyak sawit yang mempunyai peran sangat penting pada kesehatan , populasi dan perekonomian nasional.

Dalam perkembangannya, industri pengolahan kelapa sawit merupakan salah satu industri berbasis pertanian yang menempati posisi  strategis di Indonesia merupakan negara penghasilan kelapa sawit di dunia. Peningatan luas area perkebunan dan produksikelapa sawit. Produksi yang meningkat juga menyebabkan meningkatnya volume dan nilai minyak sawit.

Sebagai tanaman penghasil minyak, tanaman sawit mempunyai keungulan lain berkaitan dengan produktivitasnya yang sangat tinggi, yaitu rata-rata 3 ton/ha/tahun. Tidak hanya mempunyai produktivitas yang tinggi, biaya produksi minyak sawit juga lebih murah, yaitu sekitar US$ 160/ton. Halini menjadi sangat nyata, jika dibandingkan dengan tanaman kedelai yang mempunyai produktivitas hanya sekitar 0,3 ton/ha/tahun dengan biaya produksi kedelai yang mencapai sekitar US$ 300/ton.

Baca Juga :   Rucika Solusi Pipa PVC Berkualitas

Sumber : GAPKI

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like