Tingkatkan Diplomasi Ekonomi, Kemlu Galang UMKM Tembus Pasar Amerika Latin dan Karibia

Jakarta, Indonesia – Kementerian Luar Negeri dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi mendorong UMKM di Jawa Barat untuk menembus pasar Amerika Latin dan Karibia. Upaya ini salah satunya dilakukan melalui seminar daring “Menembus Pasar Amerika Latin dan Karibia” yang diselenggarakan pada Kamis (09/09/2021).

Webinar tersebut tersebut difokuskan untuk para pengusaha di Jawa Barat khususnya di sektor alas kaki. Kegiatan ini juga merupakan sosialisasi penyelenggaraan INALAC Business Forum 2021 (14-15 Oktober 2021) dan Trade Expo Indonesia 2021 (21 Oktober – 4 November 2021).

“Jika berbicara mengenai alas kaki, ini juga merupakan salah satu lima produk unggulan besar Indonesia yang diekspor ke berbagai negara. Kita yakin bahwa produk ini mempunyai unggulan kompetitif,” ujar Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, I Gede Ngurah Swajaya membuka kegiatan. Pembicara dalam webinar tersebut antara lain Direktur Perundingan Bilateral​ Kemendag, Direktur Amerika II Kemenlu, Direktur Kerja Sama Intrakawasan dan Antarkawasan Amerika dan Eropa, Kemenlu; serta Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia (APRISINDO).

Diharapkan webinar tersebut dapat menyosialisasikan peluang kerjasama ekonomi dan perdagangan serta menjaring masukan dan dukungan dari kalangan pelaku usaha di Jawa Barat.

​Sebagai tambahan informasi, pasar Amerika Latin dan Karibia merupakan pasar yang potensial bagi Indonesia karena telah selesainya perundingan Indonesia-Chile CEPA, adanya rencana perjanjian perdagangan dengan organisasi regional di Kawasan Amerika Latin dan Karibia yaitu Indonesia-Mercosur yang sedang berlangsung (2021), serta rencana penjajakan perjanjian perdagangan antara Indonesia-SICA (2021) dan Indonesia-CARICOM (2022). 

Sumber:kemlu.go.id

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like