Tiga Dozer Kecil Andalan Trakindo

PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Caterpillar, merilis dozer kecil D1, D2, dan D3. Ketiganya merupakan penerus model D3K2, D4K2, dan D5K2 yang lebih dulu sukses di pasar Indonesia. Tidak hanya menyandang nama baru, dozer kecil tersebut juga hadir dengan sejumlah keunggulan baru.

Aryawiguna, Product Manager Trakindo, menjelaskan bahwa sebagai rangkaian produk pertama yang diluncurkan di tahun 2021 ini, Cat D1, D2, dan D3 mengusung inovasi teknologi yang terus dilakukan untuk mendorong produktivitas para pelanggan setia Trakindo. “Setelah pandemi COVID-19 ini menunjukkan tanda-tanda mereda dan roda bisnis mulai berjalan perlahan-lahan, tentunya para pelanggan membutuhkan perangkat yang bisa membantu meningkatkan produktivitas guna mengejar ketertinggalan akibat terbatasnya aktivitas yang bisa dilakukan sepanjang setahun terakhir. Untuk menjawab kebutuhan itulah The Next Generation Small Dozers ini kami hadirkan,” jelas Aryawiguna.

Cat D1, D2, dan D3 akan mendukung pelanggan untuk berbagai pekerjaan, mulai dari mendorong material hingga perataan akhir. Untuk bermacam-macam kegiatan baik di konstruksi, perkebunan dan pertambangan, trio dozer Cat yang lebih kecil ini adalah pekerja yang serbaguna. Dozer Cat ini mudah dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lain, dan dengan kombinasi kecepatan, tenaga, dan akurasi yang tepat. Tentu saja, ini menjadikannya alat kerja yang berharga di berbagai lokasi kerja.

Trio Next Generation Small Dozers tersebut, jelas Aryawiguna, dirancang untuk mengoptimalkan kecepatan, kemudahan pengangkutan, kemampuan bermanuver, keserbagunaan, dan akurasi perataan akhir. Desain baru kap mesin yang lebih rendah dan dimiringkan juga meningkatkan visibilitas operator–31 persen lebih baik dibandingkan sebelumnya–sehingga perataan akhir bisa dilakukan lebih akurat dan efisien.

“Visibilitas adalah peningkatan utama pada dozer Cat D1, D2, dan D3 ini. Garis kap miring yang lebih rendah dan lebih curam memberikan visibilitas yang lebih baik di area penglihatan periferal dan sudut blade, yang menjadi garis pandang utama bagi operator,” papar Aryawiguna.

Operator dozer bisa bekerja lebih nyaman dengan ruang kabin luas dengan kursi dan sandaran lengan yang bisa diatur posisinya. Next Gen Display monitor yang dilengkapi layar sentuh dengan tombol navigasi, mempermudah operator dalam mengakses beragam fitur yang tersedia, baik fitur standar maupun Grade Control Technology yang tersedia opsional, seperti Slope Assist (2D), Laser (2D), atau 3D. Informasi yang ditampilkan pada layar juga lebih akurat dibanding generasi sebelumnya.

Pada Cat D1, D2, dan D3 juga terdapat Stable Blade Control, sehingga operator bisa melakukan perataan akhir dengan lebih mudah dan cepat dengan lebih sedikit tenaga. Auto Traction Control yang digunakan membuat track tidak mudah selip saat bekerja di areal dengan daya dukung tanah yang kurang baik. Bantuan sistem yang bekerja otomatis ini membuat operator lebih mudah mendorong material dan mengurangi fatigue. Produktivitas pun akan meningkat karena berkurangnya jumlah passes.

“Trio dozer kecil ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan teknologi dan fleksibilitas untuk beradaptasi dengan teknologi yang berbeda berdasarkan kebutuhan di lokasi kerja. Dengan Cat D1, D2, dan D3, operator berpengalaman dapat bekerja lebih produktif, sedangkan operator yang belum berpengalaman dapat mencapai hasil berkualitas lebih baik dengan lebih cepat,” ujar Aryawiguna.

Fitur lain yang istimewa dari The Next Generation Small Dozers adalah mesin Cat C3.6 yang digunakan. Mesin diesel ini lebih responsif dan bertenaga, dengan HP 8-10% lebih tinggi dibandingkan yang digunakan pada model sebelumnya. Cat D1 memiliki tenaga engine bersih sebesar 80 HP, Cat D2 92 HP, dan Cat D3 104 HP.

(Selengkapnya dapat dibaca di Majalah Sawit Indonesai, Edisi 115)

13 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like