Tangkap Potensi Pasar Industri Karoseri

Saat ini berbagai jenis kendaraan komersial didisain khusus untuk mendukung perkembangan bisnis. Pertumbuhan industri diberbagai sektor turut memberikan sumbangan besar terhadap permintaan akan special purposed vehicle (SPV) yang di produksi oleh perusahaan karoseri. Di Indonesia sendiri misalnya,pertumbuhan sektor pariwisata telah menjadi pemicu permintaan pembuatan karoseri bus yang sesuai dengan industri pariwisata Indonesia.Perkembangan sektor infrastruktur juga turut memberikan dorongan berjalan positifnya industri karoseri di Indonesia.

Melihat hal tersebut, di prediksi bisnis karoseri di Indonesia masih berpeluang untuk tumbuh, meskipun tercatat adanya perlambatan permintaan untuk industri karoseri yang terjadi di akhirtahun ini. Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo) menilai kebutuhan bus ini berpotensi naik tiap tahunnya. Dengan berkembangnya ratusan perusahaan karoseri yang tersebar di Indonesia, kemampuan produksi industri karoseri Indonesia saat ini, sudah dapat mengimbangi hasil dari penjualan mobil komersil nasional. Selain itu, Indonesia di ketahui menggenggam 40% populasi bus di regional Asean.

Baca Juga :   Memperkuat Pembuktian Ilmiah Dalam Kasus Karhutla

Hal ini tentu menjadi peluang yang positif bagi industri lokal. Saat ini beberapa industri karoseri Indonesia telah mampu mengekspor produknya keluar negeri, dan dorongan agar industri karoseri ini kedepannya dapat memperluas cakupan ekspor juga semakin meningkat. Sehingga demi menyambut antusias pembangunan dan proyek transportasi umum, industri lokal karoseri harus bersiap-siap untuk menerima permintaan.

Untuk menangkap potensi pasar industri komersial baik secara lokal di Indonesia mau pun juga memenuhi permintaan ekspor yang datang dari beberapa negara, GAIKINDO kembali menghadirkan GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) sebuah pameran business to business (BtoB) khusus untuk menampilkan teknologi dan produk terkini pencapaian industri kendaraan komersial Indonesia.

Baca Juga :   Pegang Stok 1,5 juta ton, Mendag Pede Harga Minyak Goreng Bisa Murah

Akan berlangsung pada pada 5 – 8 Maret 2020, GIICOMVEC 2020 akan menghadirkan berbagai produk dari industri karoseri. “Mengakomodasi seluruh lini dari industri kendaraan komersial di Indonesia, GIICOMVEC 2020 akan menjadi ajang yang efektif untuk memantapkan brand dan membuka potensi bisnis baru.” ungkap Sri Vista Limbong, Project Director untuk GIICOMVEC 2020. Menurutnya, Lebih kurang 3 bulan menuju penyelenggaraan, tingkat okupansi sebanyak lebih dari 65 persen, dan industri karoseri Indonesia akan menjadi salah satu poin utama di GIICOMVEC 2020.

(Selengkapnya dapat di baca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 98)

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like