Tanah Harapan Elaeis (Bagian XXVIII)

“Kota Plamboyan sekarang, kami yang mengimas tebang. Saat itu masih teramat sulit ke sana. Kendaraan masih sangat jarang melintas, sesekali palind ada mobil pamper Caltex atau RIG perusahaan tambang,” ujarnya.

Pada 1991 cerita Andi, grup Sinar Mas mulai membuka hutan di kawasan antara Pantai Cermin-Petapahan-Kota Garo dan Sekijang. Ada Rama-Rama, Rama Kiri, Naga Mas, Naga Sakti dan Buah Wira Lestari. Semua perusahaan ini berada di Kecamatan Tanjung dan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Andi adalah anak jati Ujung Batu Kabupaten Rotan Hulu yang masa kecilnya hidup berpindah-pindah mengikuti orangtuanya yang sempat menjadi pemborong di perkebunan PTPN di Riau.

“Keadaan itu yang membikin saya paham dengan situasi  kebun di sejumlah daerah. Malah waktu masih SMA, saya sempat jadi mandor pembersihan pasar pikul di afdeling II Kebun Sei Garo. Kebun ini sekarang masuk dalam wilayah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar,” kenangnya. Tahun ’90 an, warga transmigrasi mulai berdatangan ke Riau. Mereka yang mayoritas berasal dari Pulau Jawa itu sengaja didatangkan oleh pemerintah dalam program Perkebunan Inti Rakyat (PIR) Transmigrasi.

Penulis : Abdul Aziz

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like