Tanah Harapan Elaeis (Bagian XLVIII)

Disis lain, Vitamin E disebut juga sebagai nama umum untuk dua kelas molekul tocopherol dan tocotrienol yang memiliki aktifitas vitamin E dalam nutrisi. Vitamin E bukan nama untuk setiap satuan bahan kimia spesifik tapi untuk setiap campuran yang terjadi dialam yang menyediakan fungsi vitamin E dalam nutrisi.

Vitamin E ini berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mengatasi stres, meningkatkan kesuburan, meminimalkan risiko kangker dan pernyakit jantung koroner. Untuk kulit juga berperan menjaga, meningkatkan elastisitas dan kelembaban kulit, mencegah proses penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet, serta mempercepat proses penyembuhan luka. Menariknya, semua vitamin E adalah antioksidan alami yang membantu melindungi struktur sel yang penting terutama membran sel dari kerusakan akibat adanya radiasi bebas .

Dalam menjalankan fungsinya sebagai antioksidan dalam tubuh, vitamin E  bekerja dengan cara mencari , beraksi dan merusak rantai reaksi radikal bebas. Dalam reaksi tersebut , vitamin E sendiri diubah menjadi radikal. Namun radikal ini akan segera bergenerasi menjadi vitamin aktif melalui proses biokimia yang melibatkan senyawa lain. Vitamin E juga melindungi seldarah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh dari kerusakan. Selain bisa melindungi diri akibat kelebihan vitamin A dan melindungi vitamin A dari kerusakan, vitamin  ini juga bisa melindungi hewan dari akibat berbagai obat, bahan kimia, dan logam yang mengandung pembentukan radikal bebas.

Penulis : Abdul Aziz

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like