Tanah Harapan Elaeis (Bagian VIII)

Senarai

Inklusif dan Smart Plantation

Membaca buku ini saya menjadi teringat pada peristiwa hampir 28 Oktober 2000, saya bersama perwakilan petanikelapa sawit sepakat mendirikan sebuah asosiasi yang kelak dinamai Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO).

Adalah sebuah keyakinan bagi saya bahwa kelak kelapa sawit akan muncuk sebagai komoditi super big. Komoditi yang akan sangat berdampak pada ketahanan ekonomi bangsa dan global. Keyakinan itu ternyata terbukti benar adanya.

Sekarang, pada situasi kelapa sawit yang sudah muncul sebagai produk paling unggul, kita berhadapan dengan permasalahan yang pada saat yang lalu belum muncul. Pada perkembangan baru tersebut memerlukan paradigma baru yang menjadi landasan baru pembangunan perkelapasawitan sekarang dan apa lagi untuk masa mendatang.

Baca Juga :   Jurus Badan Pengelola Dana CPO Dongkrak Harga

Paradigma tersebut adalah bahwa dalam industri kelapa sawit, sudah masanya kita membangun komunitas petani unggul, komunitas petani kelas dunia. Bukan lagi membangun tanaman.  Tengok sajalah misalnya petani angur di Prancis. Mereka makmur lantaran mereka membikin wine. Makin tua wine, harganya makin mahal. Kita juga bisa seperti itu, petani sawit makin makmur lantaran membuat X misalnya. Jika X itu apa aja, ini bisa kita urai.

Penulis : Abdul Aziz

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like