Super Andalas Steel Penyedia Teknologi Terbaik di Industri Sawit

PT Super Andalas Steel sudah teruji dan berpengalaman di bidang industri sawit. Kebutuhan konsumen khususnya pabrik sawit dapat terpenuhi sehingga mendukung peningkatan produktivitas.

Selain memiliki kepedulian pada pelaku industri sawit, perusahaan yang berkantor di Medan, juga memantau perkembangan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang terus meningkat dari sisi produktivitasnya. Perusahaan sudah dikenal sebagai penyedia boiler terbaik bagi pabrik kelapa sawit.

“Kami mengembangkan Boiler dengan kapasitas yang lebih besar, efisiensi dan pemakaian steamnya itu ada kaitannya dengan tekanan dan temperatur tinggi. Dan, inovasi desain dan sehingga pengguna boiler lebih mudah untuk mengoperasikannya,” ujar Rusdi Sitepu, Marketing PT Super Andalas Steel (SAS), pada Oktober lalu, di Medan.

Untuk menjaga kualitas dan konsistensi bisnis, PT Super Andalas Steel (SAS) mempunyai tiga produk unggulan yaitu  Takuma Boiler, Chicago Blower, dan SAS Sterilizer Door. Ketiga produk hasil karya  anak bangsa. PT Super Andalas Steel mendapatkan lisensi dari Takuma Jepang pada  1982 dan Chicago Blower pada tahun 1981 untuk memproduksi boiler dan Blower produk mereka di Indonesia.

Boiler dan Blower diadaptasi langsung dari mekanisme pembuatan Boiler di Jepang. Sehingga diwujudkan dengan nama Takuma Boiler, begitu juga pembuatan Blower yang mengadopsi Blower di Chicago, Amerika yaitu Chicago Blower.

“Semua produk yang dihasilkan Takuma Boiler, Chicago Blower dan SAS Sterilizer Door,  telah melalui pengawasan kualitas yang baik dari  PT Super Andalas Steel, sebelum dipasarkan kepada konsumen,” ujar Rusdi, saat ditemui di acara Palmex.

Takuma Boiler yang diproduksi oleh PT Super Andalas Steel didesain dapat menggunakan  semua limbah yang dihasilkan dari pabrik kelapa sawit, seperti serabut (fibre), cangkang (shell) 100% ataupun mixture, janjangan kosong, dan juga biogas. Salah satu keunggulan Takuma Boiler adalah  meminimalisir limbah dan gas buang yang terjadi saat pembakaran terutama pada pembangkit listrik (power plant).

Terkait dengan jenis atau tipe Boiler yang kerap digunakan di PKS, Rusdi mengatakan pabrik kelapa sawit menggunakan Boiler disesuaikan dengan kapasitasnya. Namun, untuk mengakomodir pelaku industri terutama pabrik kelapa sawit, pihaknya menyediakan banyak tipe dan beragam kapasitas. Salah satunya Boiler dengan kapasitas 10-75 ton/jam.

Selanjutnya, Rusdi menjelaskan sebenarnya, untuk kapasitas itu tergantung tren kapasitas olah PKS. Misalnya, dulu kapasitasnya 10 – 15 ton/jam, untuk Boiler 7-8 ton kemudian dari 15 – 20 ton/jam itu masih menggunakan yang kapasitas 12 -15 ton.

“Kemudian, PKS berkembang dengan kapasitas 30 ton maka untuk Boilernya sekitar 20 ton, kemudian exten menjadi 60 ton/jam maka Boiler menjadi 35 ton. Jadi mengikuti perkembangan PKS. Saat ini, kapasitas PKS sekitar 35 ton/jam, 45 ton/jam ke 60 ton/jam. Jadi, 60 ton bisa ke 120 ton,” jelasnya.

Sementara itu, Chicago Blower digunakan secara komersial untuk industri terutama di pabrik kelapa sawit pada pemisahan serabut dan biji, pemisahan cangkang kelapa sawit dengan inti sawit. Selain dipakai untuk pabrik pengolahan karet, pabrik kayu, pabrik pupuk dan industri makanan.

Produk SAS Sterilizer Door memiliki keunggulan pada ring pintu (grove) dan ring shell yang dilapisi bahan Stainless Steel serta dibubut langsung dari material tersebut sehingga tidak mudah rusak. Di pabrik kelapa sawit, desain sterilizer door yang dipakai di pabrik kelapa sawit antara lain ukuran 2100 mm, 2700 mm, dan 2800 mm.

Untuk menjaga agar Boiler dapat dioperasikan dalam jangka panjang diperlukan perawatan secara berkala. Karenanya, Rusdi mengatakan pihaknya juga membentuk tim after sales dan after sales contrac yang ditawarkan pada konsumen agar perbaikan secara secara konstan yang harus diperhatikan.

(Selengkapnya dapat di baca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 97)

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like