PT SUCOFINDO berkomitmen mendukung upaya pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat oleh pelaku usaha, salah satunya melalui kegiatan talkshow Cerita Bersama SUCOFINDO (CARBON). “Kegiatan CARBON menjadi ajang sharing dan diskusi dengan para pelanggan dan dunia usaha mengenai upaya nyata entitas bisnis dalam menjalankan operasional yang berkelanjutan di bidang lingkungan dan sosial. Program CARBON diharapkan dapat menginspirasi dan mendorong strategi inovatif terkait dengan lingkungan dan sosial bagi perusahaan di Indonesia,” ujar Direktur Komersial PT SUCOFINDO Darwin Abas.

Darwin mengatakan kegiatan CARBON ini sejalan dengan dukungan terhadap pemerintah, khususnya terhadap Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 tentang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup atau PROPER.

Program CARBON, yang diusung oleh PT SUCOFINDO Cabang Semarang ini terlaksana dalam 3 rangkaian tema, yaitu mengenai “Peran Industri dalam Perlindungan Keanekaragaman Hayati”,  “Peran Local Hero dalam Keberhasilan Program Inovasi Sosial“, dan “Peran Industri dalam Penanggulangan Bencana.” “Kami berharap agar kegiatan CARBON dapat memberikan ruang kepada pelanggan untuk menyampaikan hal-hal baik tersebut sehingga dapat menginspirasi peserta dalam melakukan hal serupa di lingkungan masyarakat,” tutur Wahyudi Arief, Kepala PT SUCOFINDO Cabang Semarang.

Kegiatan CARBON dibuka dan diresmikan oleh Wahyudi Arief, Kepala PT SUCOFINDO Cabang Semarang dengan moderator Retno Suryani (Konsultan PROPER dan CSR PT SUCOFINDO Cabang Semarang), serta diikuti oleh 207 peserta yang tergabung secara virtual (11/7).

Dalam mendukung upaya pengelolaan lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat oleh pelaku usaha, Wahyudi Arief mengatakan bahwa sejak tahun 2017 PT SUCOFINDO Cabang Semarang telah aktif melakukan pendampingan Public Disclosure Program for Environmental Compliance (PROPER), yaitu berbicara mengenai penilaian kinerja pengelolaan lingkungan suatu perusahaan melalui berbagai indikator. “Selama pendampingan, SUCOFINDO melakukan penilaian terhadap pengelolaan lingkungan, perlindungan keanekaragaman hayati, pemberdayaan masyarakat, dan penanggulangan bencana,” ujar Wahyudi.

Selain itu, PT SUCOFINDO Cabang Semarang juga mampu melayani seluruh jasa turunan dari PROPER seperti pemetaan sosial (social mapping), audit energi, audit air, verifikasi, Social Return on Investment (SROI), maupun benchmarking.

Sumber: bumn.go.id

Share.