KH Imam Aziz, Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah

Sawit Berperan Tekan Kemiskinan di Papua

Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah Imam Aziz menjelaskan bahwa kelapa sawit masih terus menjadi industri prioritas dalam membantu pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan. Di Sumatera dan Kalimantan dan Sulawesi program tersebut memberikan hasil yang cukup baik.

“Oleh karena itu, pengembangan kelapa sawit juga harus dilakukan di Indonesia bagian timur terutama Papua dan Papua Barat. Tata kelola sawit perlu diperbaiki mulai dari sumberdaya manusia, manajemen perkebunan hingga industri pengolahannya di daerah tersebut,” ujar Imam.

Kelapa sawit merupakan sektor primadona. Dibandingkan komoditas lain, kelapa sawit sangat menjanjikan. “Pekerjaan rumah berikutnya setelah kelapa sawit memberikan dampak baik bagi masyarakat.  Untuk selanjutnya, sektor pertanian lain perlu dikembangkan. Karena pertanian ini sangat strategis dan sekaligus problematik di lapangan,” ujar Imam Aziz.

Menurutnya, ada tanda perbaikan di sektor kelapa sawit. perlu diperhatikan mata rantai sawit yang menjadi ekosistem di mana pemangku kepentingan memerhatikan supaya tidak ada yang ketinggalan.

“Di sektor kelapa sawit perlu peningkatan kapasitas pengetahuan petani dan pelaku industri sawit. Saya kira jauh tertinggal dari pada negara tetangga kita,” jelas Pati, 29 Maret 1962.

Pemerintah memerhatikan produk turunan sawit. Agar tidak sebatas menjadi minyak goreng dan biodiesel. Menurutnya, sawit dapat dikembangkan menjadi produk bernilai tambah tinggi. Di tingkat petani sawit, masih terbatas menjual TBS sawit. Pada hal, mereka dapat mengolah sawit lebih lanjut lagi.

“Perlu dilakukan penelitian terus menerus dan mengembangkan produk sawit bersama dengan petani. Berkaitan pengetahuan, teknologi lebih mudah. Walau pun dari aspek petani, masih mahal harganya. Pemerintah dapat memberikan akses kepada setiap mata rantai sawit ini,” ungkapnya. Ia pun memastikan bahwa pemerintah siap memberikan insentif bagi pelaku usaha dan petani guna mendukung berkembangnya industri sawit di Papua dan Papua Barat.
(Selengkapnya dapat dibaca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 114)

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like