Solusi Digitalisasi Data Fortuna Argatech di Industri Sawit

Revolusi Industri 4.0 saat ini tidak terelakkan lagi. Kecepatan data internet, kapasitas pengiriman data yang besar, serta tuntunan industri untuk semakin meninggalkan kertas dan menuju era digitalisasi, menjadi sebuah keniscayaan.

Beberapa dari sekian implementasi dari Revolusi Industri 4.0, di bidang lingkungan hidup (environmental), safety, hingga produksi terutama dalam industri pertambangan, perkebunan dan manufaktur adalah monitoring / pemantauan jarak jauh (telemetri) dan dilakukan secara real time, sekaligus menyimpan dan menampilkan data hasil pemantauan dalam banyak pilihan device/dasboard. Pemantauan jarak jauh (telemetri) menjadi pilihan strategis managemen perusahaan untuk menggantikan pola pemantauan bahkan quality control yang masih konvensional / manual.

FORTUNA ARGATECH adalah sebuah perusahaan rintisan (start-up) yang meng-khususkan terjun ke bisnis teknologi digital dan secara spesifik menjadi spesialis untuk mendevelop berbagai alat instrumentasi telemetri khususnya bagi industri pertambangan, perkebunan dan manufaktur.

Sejak berdiri di tahun 2012 dan secara legal administratif di tahun 2014, FORTUNA ARGATECH memulai riset dan pengembangan berbagai alat instrumentasi hingga kini telah berhasil mendevelop lebih dari 100 unit alat/device logger dengan berbagai aplikasi sensor dan di-implementasikan di lebih dari 70 lokasi di seluruh Indonesia dan Malaysia. Baik untuk client pertambangan, perkebunan, manufaktur maupun pemerintah daerah/pusat, dll. Adapun diantara implemetasinya antara lain :

GEOVOS SPARING (Alat Pemantauan Kwalitas Air Limbah Industri Secara Terus-menerus Dalam Jaringan) dan terintegrasi secara real-time ke database server milik Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia. Terdapat fitur level warning yang akan memberikan notifikasi awal (level aman, middle dan alarm) sebelum nilai sensor mencapai batas baku mutu yang diijinkan. Notifikasi lewat pesan whatsapp dan email, sehingga

  1. managemen perusahaan dapat men-treatment terlebih dahulu titik penaatan sehingga mengantisipasi kondisi alarm sampai ke server KLHK.
  2. ARGATECH Extensometer V3.5 (Landslides Early Warning Systems And Slope Stability Monitoring) atau alat monitoring kestabilan lereng yang mampu memberikan peringatan dini serta memprediksi (forecasting, melalui pendekatan inverse velocity) bahaya longsor, terutama untuk area tambang terbuka atau lokasi yang berpotensi terjadi longsor.
  3. ARGATECH Hyper Local Weather Station (Stasiun Pemantau Cuaca), yang me-record 6 sensor/parameter sekaligus (curah hujan, kelembaban, suhu, arah dan kecepatan angin, UV level/intensitas cahaya matahari di sekitar alat). Alat ini juga mampu memprediksi cuaca 3, 5, 7 bahkan hingga 10 hari kedepan.

Serta berbagai implementasi alat instrumentasi lain untuk pemantauan kwalitas udara (PM 1; PM 2,5; PM 100), pemantau ketinggian air untuk implementasi alat EWS Banjir, alat pemantau produksi tanaman, asam/basa air dan tanah, monitoring konstruksi, dll. FORTUNA ARGATECH juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik perusahaan swasta, lembaga pemerintahan atau elemen masyarakat khususnya yang berkaitan dengan mitigasi kebencanaan, seperti halnya daerah-daerah yang rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor.

Mendukung Kementerian Lingkungan Hidup Rebublik Indonesia Dan Kehutanan RI untuk Proyek Digitalisasi Pelaporan Data Lingkungan Air Limbah Industri Secara Terus-Menerus (SPARNG).

Salah satu program dari Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indoneia, melalui Peraturan Menteri (PERMEN) NOMOR  P.80/MENLHK/SETJEN/KUM.1/10/2019 adalah kewajiban bagi seluruh industri yang disebutkan dalam dokumen PERMEN tersebut untuk mengimplementasikan SPARING.

SPARING adalah sistem monitoring kwalitas air limbah industri secara terus-menerus dalam jaringan yang terintegrasi secara real-time dan online ke database server milik KLHK RI. SPARING ini adalah program yang sangat baik dari pemerintah untuk men-digitalisasi sistem pelaporan khususnya air limbah industry.

Mandatori SPARING diimplementasikan paling lambat bulan Agustus 2020 lalu. Namun karena saat ini kita tengah menghadapi kondisi pandemi COVID-19, maka KLHK RI memberikan kesempatan kepada seluruh industry untuk melaporkan kendala dan progress implementasi SPARING ini melalui website : http://sparing.ppkl.menlhk.go.id/

Sejak 2016 FORTUNA ARGATECH telah melakukan riset dan pengembangan berbagai alat instrumentasi monitoring, salah satunya alat monitoring kwalitas air limbah industri, hingga pada tahun 2019 melalui Surat Keterangan Uji Konektivitas SPARING Nomor : KT.6/PPA/PPI/PKL.2/12/2019, FORTUNA ARGATECH telah dinyatakan secara resmi oleh Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI menjadi perusahaan penyedia alat monitoring air limbah industri SPARING, dengan merk/brand GEOVOS SPARING.

Adapun industri yang wajib atau menjadi mandatori untuk mengimplementasikan SPARING kami lampirkan di kolom dalam artikel ini.

Salah satu industri yang wajib mengimplementasikan SPARING ini adalah dari industri pengolahan minyak sawit (PMKS). FORTUNA ARGATECH siap menjadi vendor penyedia alat SPARING ini, dengan teknologi ramah lingkungan yang sangat minim konsumsi daya (low power), non fuel (power 100% dari panel surya dan back-up battery), dukungan jaminan garansi dan 100% tenaga handal anak negeri serta harga yang relatif kompetitif.

Untuk informasi detil spesifikasi dan harga, hubungi kami :

www.pendeteksilongsor.com

www.ONLIMO.id

Phone : 021-89462619

0853 1374 7134 / 0856 1006 711 (Arifin)

 

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like