SMP Astra Agro Lestari Raih Sekolah Sehat Berkarakter Nasional 2019

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – PT Astra Agro Lestari Tbk berpartisipasi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui program pendidikan Sekolah Sehat Berkarakter yang menjadi salah satu fokus utama pilar CSR.

Menunjukkan komitmen tersebut, salah satu sekolah binaan Astra Agro,  SMP Astra Agro Lestari yang berlokasi di Desa Pandusenjaya, Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah yang ditetapkan sebagai Juara 2 Kategori Sekolah dengan Kinerja Terbaik (Best Performance) pada Lomba Sekolah Sehat Berkarakter Tingkat Nasional 2019 Rabu (13 November 2019) di hotel Kartika Chandra, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Kabupaten Kotawaringin barat (Kobar), Samsudin, SKM, MSi mengungkapkan “kami akan bekerja sama dengan SMP Astra Agro dalam melakukan pembinaan dan penjaringan kesehatan ke sekolah-sekolah di wilayah Kotawaringin Barat”, ujar Samsudin dalam keterangan tertulis.

Baca Juga :   Astra Agro Raih Penghargaan Indonesia Excellent Public Company 2018

Senada dengan Samsudin, Kholik Tim Pembina Unit Kesehatan Sekolah/Madrasah Provinsi Kobar menyatakan bahwa SMP Astra Agro akan menjadi sekolah percontohan lomba sekolah sehat di Kalimantang Tengah.

Heru, kepala sekolah SMP Astra Agro Lestari menyatakan bahwa keberhasilan SMP Astra Agro  meraih Sekolah Sehat Nasional 2019 tidak terlepas dari kerja keras dan konsistensi pihak sekolah dalam menanamkan budaya lingkungan sekolah sehat kepada para muridnya.

Ia melanjutkan dalam menerapkan sekolah sehat pihaknya juga menjalankan Tiga Program Pokok Unit Kesehatan Sekolah (TRIAS UKS) yaitu memberikan pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat, imbuhnya.

Dengan menggandeng Dinas Kesehatan, Kesejahteraan Rakyat, dan Dinas Pendidikan sebagai mentor, program sekolah sehat di SMP Astra Agro Lestari mantap mewakili Kotawaringin Barat dalam Lomba Sekolah Sehat Nasional 2019. “Hal tersebut dikarenakan adanya sinergi antara sekolah, orang tua, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat”, jelas Heru.

Baca Juga :   APKASINDO: PTPN XIII Dan Pemda Perlu Fasilitasi Penjualan TBS Petani Kepada Swasta

Joko Subagio selaku Manager Education and Social Engagement Head Office Astra Agro menambahkan sekolah sehat merupakan salah satu  program untuk menjadikan sekolah unggulan, tentu saja visi dan misinya adalah terkait dengan kebersihan dan lingkungan sekolah serta untuk mengedukasi anak-anak agar membiasakan belajar dan mengubah kebiasaan mereka melalui program PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat)  yang diawali dari sekolah dan bisa diterapkan di lingkungan rumah masing-masing  serta di masyarakat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like