MEDAN, SAWIT INDONESIA – Sime Darby Oils (SDO) membangun refinery khusus minyak sawit dan produk turunannya di Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei, kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Refinery PT SDO Sei Mangkei akan dibangun di atas lahan seluas 16 hektar, dengan kapasitas produksi lebih dari 450.000 MT/tahun yang menghasilkan produk berbahan baku kelapa sawit dan lauric.

SDO, anak usaha hilir Sime Darby Plantation Berhad (SDP) yang menginvestasikan Rp 2 triliun (lebih dari 150 juta USD) untuk refinery tersebut akan mulai berproduksi pada tahun 2024. Jika sudah beroperasi secara maksimal, SDOSMR akan menciptakan lebih dari 200 lapangan pekerjaan lokal serta efek positif lainnya bagi masyarakat sekitar.

Acara peletakkan batu pertama pembangunan refinery tersebut dihadiri Wakil Bupati Simalungun–Zonny Waldi, Ketua DPRD Simalungun–Timbul Jaya Sibarani serta perwakilan pemangku kepentingan setempat lainnya.

Menurut Mohd Haris Mohd Arshad, SDO’s Managing Director, investasi terbaru SDO ini mencerminkan komitmen jangka panjang SDO di Indonesia dan merupakan kontribusi SDO dalam memajukan wilayah Sumatera Utara.

“PT SDO Sei Mangkei adalah investasi terbesar Sime Darby Oils di Indonesia saat ini, dan akan menjadi investasi refinery kedua setelah PT SDO Pulau Laut Refinery di Kalimantan. Refinery ini akan menggunakan teknologi kelas dunia yang memproduksi khusus minyak dan produk turunannya serta produk yang bernilai tambah lebih bagi pasar ekspor,” kata Mohd Haris.

“Melalui spesialisasi produksi minyak kami yang mensinergikan otomatisasi dan digitalisasi pada pabrik, kami membuka lapangan pekerjaan bagi tenaga kerja muda yang terampil di Indonesia khususnya di wilayah Sumatera Utara untuk berbagai posisi seperti engineers, technicians, logistic planners, financial executives, serta posisi penting lainnya. PT SDO Sei Mangkei Refinery juga akan menawarkan peluang bisnis yang sudah ada dan bisnis baru di kawasan ini serta kami berharap dapat menjadi katalis dalam memacu pertumbuhan ekonomi lokal dan berkelanjutan,” tambahnya.

Selain itu, Wakil Bupati Simalungun – Zonny Waldi juga mengatakan, “Kami menyambut baik serta menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada investor asing yaitu Sime Darby Oils atas investasinya di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei ini. Diharapkan, SDOSMR ini nantinya dapat berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi daerah serta masyarakat Simalungun khususnya,” katanya.

Pembangunan refinery PT SDO Sei Mangkei ini sejalan dengan strategi prioritas SDO dalam mengembangkan bisnis hilir yang ada, khususnya dalam memproduksi minyak dan produk turunannya yang berkelanjutan serta dapat dilacak sehingga diharapkan dapat memenuhi pertumbuhan permintaan pelanggan sekarang dan pelanggan baru secara global.

Investasi terbaru SDO di Indonesia yang merupakan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, juga akan mendukung aspirasi negara untuk lebih memperkuat sektor hilirnya dengan mendorong pertumbuhan lebih lanjut di kawasan lokal, terutama di industri seperti logistik, komoditas, dan jasa pelayanan. Investasi ini juga akan meningkatkan fleksibilitas SDO dalam memanfaatkan beberapa aset di lokasi geografis yang berbeda secara global.

Sei Mangkei dianggap sebagai lokasi yang strategis karena merupakan akses masuk dan keluar yang baik serta dekat dengan pelabuhan dan peti kemas. Kawasan ini juga merupakan salah satu Kawasan Ekonomi Khusus yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia dalam menerapkan prinsip pertumbuhan yang ramah lingkungan untuk menarik lebih banyak peluang investasi yang berkelanjutan ke dalam negeri. Oleh karena itu, keputusan SDO untuk membangun refinery baru di kawasan ini sejalan dengan target SDO sendiri untuk berkontribusi terhadap Sustainable Development Goals, khususnya SDG’s no.12 yaitu memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.

Share.