Shantui Dozer SD16F Solusi Infrastruktur di Perkebunan Sawit

Shantui Dozer SD16F di perkebunan sawit diaplikasikan untuk proses pembersihan lahan, pemeliharaan mau pun pembuatan jalan perkebunan.

Shantui menjadi salah satu produsen alat berat di dunia yang memproduksi beragam alat berat seperti excavator, loader, road machinery dan lainnya. Kendati mampu memproduksi berbagai alat berat, tetapi pabrikan asal Cina ini yang beroperasi sejak 1980 memiliki spesialisasi memproduksi Bulldozer

Bahkan, karena spesialis pada Dozer, Shantui secara konsisten menguasai lebih dari 60% pangsa pasar bulldozer di negeri asalnya dan saat ini telah menjadi produsen dan penjual bulldozer nomor satu di dunia.

Dari informasi yang dihimpun Majalah Sawit Indonesia, produsen alat berat Shantui mempunyai pasar ekspor yang kuat, dengan memasok mesin-mesin ke 150 negara, termasuk ke Indonesia. Lebih dari 30 tahun Shantui telah memimpin industri alat berat di China, dan menjadi pengekspor bulldozer terbesar di Cina.

Melirik Indonesia yang cukup potensial untuk mengembangkan pasarnya, Shantui terus melakukan penetrasi di berbagai sektor bisnis tak terkecuali sektor perkebunan kelapa sawit. Seperti diketahui, alat berat (dozer) di perkebunan kelapa sawit dioperasikan di antaranya saat proses membuka jalan dan perawatan jalan kebun.

Jalan menjadi salah satu elemen penting yang harus dikelola dengan baik tak terkecuali di perkebunan kelapa sawit. Pasalnya, kualitas jalan di perkebunan kelapa sawit berdampak pada peningkatan operasional kebun. Selain itu, kualitas jalan dapat menekan biaya operasional pengelolaan kebun sawit.

Secara umum fungsi jalan di perkebunan kelapa sawit dapat digolongkan menjadi tiga yaitu pertama sebagai sarana transportasi TandanBuah Sawit (TBS) atau material lain dari luar kedalam kebun mau pun dari dalam keluar kebun. Kedua, sebagai mobilisasi karyawan kebun. Ketiga, sebagai pembatas blok.

Sebagai salah satu sarana utama dalam perkebunan, jalan kebun sangat berperan pada penjagaan mutu dan kualitas produksi, menjaga peralatan alat angkut tetap normal, konektivitas antar lokasi di perkebunan hingga mempercepat produksi. Agar kualitas jalan terjaga perusahaan perkebunan harus melakukan perawatan yang mutlak dilakukan berbagai jenis jalan kebun. Termasuk pengerasan jalan kebun di awal pembuatan jalan.

Khusus untuk jalan perkebunan yang umumnya bermaterial tanah sering kali mengalami kerusakan ketika musim hujan. Selain itu, juga disebabkan karena bahan organik, kurangnya cahaya matahari, tekstur dan struktur tanah serta beban angkut yang melewati jalan lebih dari kapasitas. Tentu tidak semua jalan yang ada di perkebunan diperlakukan dengan cara yang sama karena jenis jalan berbeda berdasarkan fungsinya dan juga menggunakan metode pengerasan yang berbeda.

Untuk menggarap salah satu pasar potensial di Indonesia yaitu sektor perkebunan sawit, melalui PT Gaya Makmur Tractors (GMT), pihak principle Shantui menawarkan produk Shantui Dozer SD16F.

Shantui SD16F sangat Ideal untuk digunakan di Plantation dan Forestry

Sales Manager, PT Gaya Makmur Tractors (GMT) Marwan Affan dimenjelaskan Shantui Dozer SD16F mempunyai spesifikasi yang sangat ideal untuk beroperasi di Plantation dan Forestry. “Dozer Shantui SD16F dilengkapi dengan engine berkekuatan 160 HP dan Dozer ini menggunakan Jungle Canopy dengan struktur kuat yang sudah dilengkapi dengan ROPS (Roll Over Protection System) untuk melindungi Operator saat beroperasi di Perkebunan” jelasnya dalam keterangan yang diterima Redaksi Majalah Sawit Indonesia, pada awal bulan Agustus ini.

Shantui Dozer SD16F di perkebunan sawit diaplikasikan diantaranya untuk mendukung proses pembersihan lahan perkebunan, pemeliharaan mau pun pembuatan infrastruktur jalan perkebunan dengan hasil yang baik karena Dozer ini dilengkapi dengan Blade tipe Angle yang dapat dimiringkan untuk membuang material ke samping saat proses pembersihan lahan.

“Shantui Dozer SD16F dalam konsumsi bahan bakar relatif lebih efisien karena dilengkapi dengan technology hydraulic control sehingga dapat menyeimbangkan kekuatan dengan daya yang dibutuhkan yang tentunya akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar,” jelas Marwan.

Terkait dengan ketahanan unit, Marwan menegaskan untuk menjaga ketahanan unit tentunya diperlukan perawatan dan pemeliharaan berkala secara rutin dan teratur sesuai SOP. Produk-produk dozer Shantui memberikan hasil kinerja yang tinggi dan kuat sekalipun diaplikasikan untuk pekerjaan berat. Untuk itu, dapat diandalkan, sehingga menguntungkan para pemilik bisnis tak terkecuali pengusaha perkebunan kelapa sawit.

(Selengkapnya dapat dibaca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 118)

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like