Setelah Bermitra Dengan BGA Grup, Gapoktan Sumber Harapan Peroleh Pendapatan Signifikan

KOTAWARINGIN BARAT, SAWIT INDONESIA – Bumitama Gunajaya Agro (BGA) mendampingi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sumber Harapan senagai upaya meningkatkan kesejahteraan petani. Gapoktan yang terdiri dari empat kelompok tani dapat menjual buah kepada pabrik sawit yang dikelola BGA Grup.

Gapoktan Sumber Harapan lahir dari gabungan 4 kelompok tani dengsan inti usahanya perkebunan sawit. Jumlah anggota Gapoktan Sumber Harapan kurang lebih 90 orang dengan masing-masing orang memiliki lahan seluas 1 hektar. Gapoktan ini berada di Desa Kinjil, Kecamatan Kotawaringin Lama, Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah. Penghidupan masyarakatnya adalah sebagai tenaga kerja di perusahaan sawit, petani, pegawai negeri, dan pedagang.

Dahlan (Alan), anggota kelompok tani sawit mandiri Desa Kinjil yang juga pengurus Gapoktan Sumber Harapan merasa bersyukur dan berterima kasih melalui pembinaan dan pendampingan oleh tim CSR BGA. Alhasil, kelompok tani di Desa Kinjil dapat melakukan penjualan langsung hasil buahnya ke pabrik.

“Dengan pola kemitran ini, dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Kinjil,”ujarnya.

Sebagai informasi pada 2017, Gapoktan Sumber Harapan menjual buah kepada tengkulak di desa Kinjil dengan harga relatif lebih murah. Setelah mendapatkan pembinaan dan pendampingan tim CSR BGA di penghujung akhir 2017. Maka empat kelompok tani yang tergabung dalam Gapoktan Sumber Harapan sudah mendapatkan SPK penjualan Tandan Buah Segar (TBS) sawit langsung ke pabrik kelapa sawit KTWM yang ada di Kotawaringin Lama.

Setelah menjual langsung ke pabrik, Gapoktan Sumber Harapan memperoleh keuntungan karena secara langsung melakukan penjualan ke pabrik. Dari januari 2018 sampai 30 april 2018, Gapoktan sudan melakukan penjualan atau pengiriman buah kurang lebih 568.800 ton. Ini berarti, ada nilai tambah yang diberikan oleh PT BGA melalui program CSR untuk pembinaan dan pendampingan kelompok tani sawit mandiri.

Sementara itu Dewangga, Koordinator CSR Region Kalteng BGA mengatakan, BGA melalui kegiatan CSR akan terus mengembangkan program pemberdayaan ekonomi masyarakat sehingga kegiatan yang dilaksanakan dapat membantu perekonomian masyarakat dan menciptakan lapangan kerja di tingkat pedesaan. Dengan terciptanya lapangan kerja di tingkat pedesaan harapannya dapat menciptakan masyarakat yang mandiri dan mengurangi tingkat pengangguran di desa.

Dikatakan Dewangga, semoga kegiatan CSR yang di lakukan oleh PT. BGA dapat berjalan dengan baik sehingga penerima manfaat dari program yang di jalankan akan lebih besar sehingga cita – cita dapat mensejahterakan masyarakat akan dapat tercapai.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like