Sekjen Apkasindo: Saya Pegang Bukti Oknum Yang Intervensi Munaslub

JAKARTA, SAWIT INDONESIA- Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) mengadakan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) pada 24-26 Maret 2019 di Prapat, Danau Toba Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Namun, ada oknum yang menghasut perwakilan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Apkasindo supaya tidak datang ke Munaslub.

Sejumlah Ketua DPW Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) melaporkan adanya intervensi oknum tertentu jelang pelaksanaan Munaslub APKASINDO.

Cerita yang diterima redaksi hampir sama. Para Ketua DPW ditelepon pihak tertentu yang ingin munaslub gagal digelar. “Jadi saya dimintakan foto KTP identitas diri dan nomor rekening untuk akomodasi ke Jakarta, menghadiri sebuah kegiatan persis dengan tanggal dilaksanakan Munaslub,” ujar Ketua DPW dari Pulau Sumatera ini, yang meminta identitas dirinya tidak disebutkan, Minggu (24 Maret 2019).

Rino Afrino, Sekjen APKSINDO mengakui pelaksanaan Munaslub di Sumatera Utara ini ingin digagalkan oknum tertentu. Mereka menghasut dan mengiming-imingi janji serta uang.

“Ada yang ingin intervensi Munaslub ini. Dia meminta nomor rekening para ketua DPW dan menawarkan janji akomodasi dan transportasi full. Kami siap melaporkan kepada pihak berwajib tentang aliran dana tersebut, ini sudah masuk ke ranah hukum,” paparnya.

Bahkan kata Rino, adapula Ketua DPW dari Kalimantan mendapatkan telepon serupa. “Tidak bisa kepada ketuanya. Sekretaris dipengaruhi untuk ke Jakarta,” ungkapnya.

Dijelaskan Rino, identitas oknum tersebut sudah diketahui. Oknum ini bukanlah pengurus Apkasindo tetapi aktif di salah satu organisasi petani sawit di luar APKASINDO.

Rino menyebutkan nama orang tersebut, tetapi off the record untuk dipublikasikan dan siapa dibelakang orang tersebut juga sudah dipetakan pihak berwajib. “Dia harus bertanggungjawab atas segala perbuatannya.”

Rino menegaskan bukti intervensi sudah dikantongi seperti rekaman bukti pembicaraan beberapa ketua DPW dengan oknum ini termasuk salinan WA. Dia menghimbau oknum ini tidak ikut mengintervensi APKASINDO apalagi sudah masuk kepada memberikan janji uang dan hasutan.

“Kalau oknum ini terus intervensi, kami laporkan ke aparat. Perbuatannya sangat jahat masuk dalam ranah hukum. Karena bukti kami kuat, ada rekaman pembicaraan dan salinan WA. Saya tegaskan, stop intervensi APKASINDO,” ujar Rino.

Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) akan menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) mulai 24-26 Maret 2019 di Prapat Toba Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Kegiatan ini digelar untuk membenahi sekaligus memperkuat organisasi petani sawit yang berdiri semenjak satu dasawarsa lebih

7 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like