Sampai Angkatan ke-11, Politeknik CWE Mewisuda 1.151 Lulusan D-3

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi akan meningkatkan program pendidikan dan mengimplementasikan inovasi terus menerus.  Untuk itu, institusi pendidikan yang berlokasi di Cibitung, Jawa Barat ini, akan mengadakan Focus Grup Discussion (FGD) dengan melibatkan profesional/praktisi dari industri.,

“Melalui kegiatan ini ditargetkan diperoleh kurikulum baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan industri dan penambahan program studi baru yang relevan dengan era industri 4.0,” kata St. Nugroho Kristono, Direktur Politeknik CWE saat wisuda lulusan angkatan ke-11 Program Diploma III Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi Tahun Akademik 2018/2019 di Cibitung Bekasi pada pertengahan Oktober 2019.

Wisuda Politeknik CWE angkatan ketiga ini telah meluluskan 92 mahasiswa yang terdiri dari 21 orang lulusan Program Studi D3 Budidaya Perkebunan, 30 orang lulusan Program Studi D3 Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan, dan 41 orang lulusan Program Studi Manajemen Logistik. Lulusan berpredikat cum laude atau pujian berjumlah 14 orang yang terdiri dari 2 orang  Prodi Budidaya, 2 orang  Prodi Teknologi Pengolahan, dan 10 orang  Prodi Manajemen Logistik.

Baca Juga :   CPO Dan Turunannya Menjadi Primadona Ekspor

“Sampai dengan wisuda angkatan ke 11 hari ini, jumlah lulusan diploma tiga  Poltek CWE sebanyak 1151 lulusan,” tambah Nugroho.

Nugroho mengatakan selain meluluskan program D3, pada hari Sabtu, 12 Oktober 2019 telah dilaksanakan pelepasan 100 lulusan angkatan ke 3 Program Pendidikan dan Pelatihan Setara Diploma 1 yang merupakan program beasiswa pemerintah dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP KS). Dengan demikian Poltek CWE selain telah meluluskan lulusan program D3, juga telah melepas 300 lulusan program Diklat Setara D1, yang 200 lulusan di antaranya bersertifikat profesi Mandor dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Pada tahun akademik 2019/2020 ini, jumlah mahasiswa baru sebanyak 206, yang terdiri dari 73 mahasiswa prodi D3-Budidaya Perkebunan Kelapa Sawit, 36 mahasiswa prodi D3-Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan, 47 mahasiswa prodi D3-Manajemen Logistik, dan 50 mahasiswa prodi D4-Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan,” lanjut Nugroho.

Nugroho berpendapat, dalam era Industri 4.0 ini tingkat kompetisi akan semakin tajam, seakan tiada ruang  dan waktu tanpa kompetisi. Oleh karena itu, kesadaran untuk terus belajar, memperluas wawasan pengetahuan dan meningkatkan kemampuan diri, harus melekat dalam diri kita.

Baca Juga :   Ditjen Pajak Akan Benahi Penerimaan dari Sektor Sawit

“Salah satu upaya kami untuk melengkapi kemampuan dan mutu lulusan, maka pada wisuda hari ini, untuk pertama kali, akan diserahkan secara simbolik sertifikat kompetensi setingkat Asisten Budi Daya bagi 16 wisudawan prodi D3 Budidaya yang lulus uji kompetensi. Penyelenggaraan sertifikasi kompetensi ini, kami bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Perkebunan dan Holtikultura Indonesia (LSP PHI) sebagai salah satu lembaga sertifikasi yang diakui  oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),” jelasnya.

Nugroho menginformasikan, selain pengembangan program SDM, saat ini gedung asrama Sarana Citra Widya dengan 10 lantai berkapasitas 300 orang sudah siap dihuni. Dengan demikian, para orang tua dan mahasiswa   mendapatkan pilihan tempat tinggal yang lebih baik dengan terjaminnya kesediaan air, listrik, dan keamanan 24 jam dengan dipasangnya cctv di setiap lantai.

Dalam kesempatan tersebut Nugroho juga memberikan apresiasinya kepada beberapa prestasi mahasiswa dalam ajang seni, penelitian, dan olahraga. Dalam bidang seni; Etya Desrti Novita, dkk sebagai juara III Lomba Akustik TRAFEST VI Atma Jaya Olimpyc 2019. Dalam bidang penelitian dan penyajian makalah di tingkat nasional;  Zakat Firmanto, sdr. M. Ali Rafli, dan Desi P Nababan sebagai pemakalah di Politeknik Negeri Jember.

Baca Juga :   GM Tractors Tawarkan Slipform Paver SP 94

Selanjutnya,  Lulu Afryta,  Abdullah,  Andri Santoso,  Christina Indrianti, Bella Triamanda, dan Dinda Zahra sebagai pemakalah di Universitas Gajah Mada Jogjakarta;  M Rifki Azis dan Sdri. Kezia Alfa Sarandon sebagai pemakalah di Universitas Muhammadiyah Jakarta;  Purwanto Joko Syahputra sebagai pemakalah di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Sementara itu di bidang olahraga;  Nur Miladiah sebagai juara II dan  Aris Setiyawan sebagai juara III  Kejuaraan Pencak Silat Bekasi Open Challenge V Menpora Cup 2019 Tingkat Nasional

Selain kepada siswa, Nugroho juga mengapresiasi dukungan dan peran serta perusahaan-perusahaan dan lembaga atas kerjasamanya, yaitu : PT. Best Agro Internasional, PT. Bumitama Gunajaya Agro, PT. Unggul Widya Teknologi Lestari,  Genting Plantation, PT. Mirabo Ayu, PT. Mitra Agro Servindo, PT. Triputra Agro Persada Group, PT. Citra Borneo Indah,  dan Keling Kumang Group atas perekrutan lulusan Poltek CWE; serta Lembaga Sertifikasi Profesi Perkebunan dan Holtikultura Indonesia (LSP PHI) atas kerjasama pelaksanaan uji kompetensi setingkat Mandor dan Asisten.

Nugroho berharap lulusan Politeknik CWE terus menghayati nilai khas almamatermu, yaitu tanggap, tanggon, dan trengginas. Penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang Saudara peroleh, akan lebih bermanfaat mendukung karir bila juga dilandasi nilai-nilai, disertai keimanan dan ketakwaan yang kuat. “Harapan saya lulusan Politeknik CWE terus menghayati nilai khas almamatermu, yaitu tanggap, tanggon, dan trengginas,” pintanya.

3 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like