Sah, Pengurus APKASINDO Menjadi Auditor ISPO

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Empat pengurus Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKSINDO) berhasil lolos seleksi auditor Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO). Mereka adalah Rino Afrino ST, MM, Ir.Gulat ME Manurung, MP, M.Amrul Khoiri SP, MP, dan 4.Eko Jaya Sialagan SP, MP.

Sebagaimana diputuskan dalam Surat Keputusan Nomor 152/D/KPTS/XII/2018 mengenai penetapan kelulusan peserta pelatihan auditor ISPO Angkatan ke-XVIII yang ditetapkan oleh Direktur Lembaga Pendidikan Perkebunan, Ir. Gunawan Ciptadi. Surat bertanggal 19 Desember 2018 ini menetapkan 39 peserta lulus termasuk pengurus APKASINDO.

“Keberhasilan pengurus APKASINDO ini menunjukkan komitmen untuk mendorong sertifikasi bagi kelembagaan petani sawit di bawah binaan APKASINDO,” kata Rino Afrino, Sekjen APKASINDO kepada sawitindonesia.com, Jumat (21 Desember 2018).

Rino mengatakan APKASINDO ingin membuktikan bahwa perkebunan rakyat bisa mengelola kebunnya dengan prinsip keberlanjutan. Dalam kurun 2015-2018, APKASINDO sudah mengadakan kegiatan kegiatan pra kondisi awal serta persiapan pekebun menuju sertifikasi ISPO di 22 provinsi dimana tersebar kepengurusan APKASINDO.

Ketua DPW APKASINDO Riau, Gulat Manurung, dalam kelas pelatihan auditor ISPO

Kegiatan tersebut meliputi sosialisasi peraturan terkait ISPO, pelatihan teknis (produktivitas, peremajaan, keberlanjutan), workshop legalitas lahan, dan pendataan petani dalam kawasan hutan. Selain itu, diadakan pula MOU dengan BPN untuk percepatan sertifikat dan kegiatan lain terkait prinsip kriteria ISPO Kebun Rakyat.

Itu sebabnya, kata Rino, dalam upaya menunjang kegiatan tersebut maka pengurus APKASINDO mengikuti Pelatihan Auditor ISPO angkatan XVIII yang diselenggarakan oleh Komisi ISPO dan LPP.

“Alhamdulilah dari 45 Peserta, lulus 39 peserta termasuk pengurus APKASINDO,” pungkas Rino.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like